Puluhan UKM di Solo Antusias Ikuti Inacraft 2019

Suasana Inacraft 2018 di Jakarta. (Bisnis/Dok)
16 Maret 2019 21:30 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Solo kini tengah menyeleksi lebih dari 30 pelaku UKM yang mendaftar sebagai peserta The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019. Tahun ini jumlah pendaftar peserta Inacraft meningkat dibanding sebelumnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Solo, Nur Haryani, mengatakan tahapan seleksi pendaftar peserta Inacraft telah berlangsung sejak dua pekan lalu. "Direncanakan dalam sepekan lagi selesai untuk tahap kurasi ini. Memang untuk tahun ini banyak peserta yang mendaftar," kata kepada solopos.com, Kamis (14/3/2019).

Ajang Inacraft 2019 direncanakan digelar di Jakarta pada 24-28 April 2019. Pada proses seleksi peserta, pihaknya akan memastikan produk yang dimiliki calon peserta menarik dan memiliki nilai jual. Jika peserta sudah pernah mengikuti kegiatan sebelumnya, maka harus ada inovasi yang dilakukan.

Nur Haryani menyebutkan jumlah pendaftar mencapai 34 peserta. Mereka berasal dari sektor fashion dan kerajinan. Diketahui pada Inacraft 2018 lalu hanya ada 18 pendaftar dan diseleksi menjadi 13 UKM yang akhirnya diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti pameran Inacraft.

Sedangkan tahun ini Solo memiliki kuota 19 stan di Inacraft. Dengan demikian seleksi peserta Inacraft akan menyesuaikan dengan jumlah stan tersebut.

Nur menyebutkan dari 34 pendaftar, tidak semua pendaftar merupakan pendatang baru. Ada beberapa UKM yang tahun sebelumnya pernah mengikuti Inacraft, kembali mendaftar di tahun ini.

"Melalui kegiatan Inacraft, kami berharap UKM Solo bisa merambah pasar nasional bahkan internasional," kata dia. Dia menjelaskan tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan produk lokal.

Menurutnya jika produk yang dipamerkan sudah dikenal, diharapkan akan lebih banyak transaksi yang terjadi di luar pameran.