Kunjungi Karanganyar, Menteri Puan Salurkan Bantuan Rp3,5 Miliar

Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menyerahkan bantuan sosial saat peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) di Alun-alun Klaten, Jumat (1/3/2019).(Solopos - Taufiq Sidik Prakoso)
17 Maret 2019 15:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menyerahkan bantuan dari pemerintah total Rp3,5 miliar untuk warga Karanganyar.

Puan juga memanfaatkan kesempatan itu untuk berdialog dengan warga memastikan program bantuan pemerintah tepat sasaran dan digunakan sebagaimana mestinya. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Puan menyerahkan bantuan alat pertanian berupa lima unit hand tractor roda dua kepada lima kelompok tani, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I untuk 31.747 keluarga penerima manfaat (KPM), Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) kepada 53.410 KPM masing-masing Rp110.000.

Selain itu, Puan juga menyerahkan bantuan untuk delapan Badan Usaha Milik (BUM) Desa masing-masing Rp50 juta, Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 400 siswa SD hingga SMA/SMK, 18 orang guru dari komunitas guru kecamatan dan kabupaten masing-masing Rp15 juta.

Bantuan sarana prasarana dan peralatan praktik untuk dua sekolah masing-masing Rp291 juta untuk RPS dan satu set alat praktik siswa. Bantuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), paket Alat Permainan Edukatif (APE), dan lain-lain.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menyebut total bantuan yang diberikan pemerintah itu Rp3,5 miliar. Sementara itu, Puan meminta masyarakat mendukung pemerintah dalam menjalankan program di berbagai bidang.

Puan menilai realisasi program pemerintah itu menyejahterakan, membantu warga kurang mampu, dan mendorong kemandirian. “Saya memastikan bantuan pemerintah pusat ke daerah sudah diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. Bantuan yang saya bawa pada kesempatan ini ternyata banyak sekali. Baru sekali ini bawaannya ombyokan, banyak banget. Tumben bisa banyak banget,” kata Puan saat memberikan sambutan.

Dia berharap warga penerima dapat memanfaatkan bantuan dengan baik. Bantuan bukan dihamburkan. Puan juga mengecek apakah ada potongan pada bantuan. Di sela-sela sambutan, Puan menyisipkan program yang akan dijalankan pemerintah pusat pada 2020 apabila Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Nanti tahun 2020 Presiden Jokowi akan memberikan tambahan tiga kartu, yakni Kartu Indonesia Pintar [KIP] kuliah. Kartu Sembako untuk 2020 tapi untuk selain beras dan telur. Dikembangkan ke sembako lain yang dibutuhkan masyarakat. Terakhir Kartu Prakerja. Nanti ini yang akan kami berikan,” ujar dia.