Pintu Tol Gondangrejo Karanganyar Tunggu Uji Layak Fungsi

Antrean pintu tol Colomadu saat libur Natal, Sabtu (22/12 - 2018). (Solopos/M.Ferri Setiawan)
17 Maret 2019 18:15 WIB Bayu Jatmiko Adi Karanganyar Share :

Solopos.com, SOLO -- Salah satu pintu tol tambahan di ruas tol Kartasura-Ngawi selesai dibangun, Jumat (15/3/2019). Pintu tol tambahan yang menghubungkan jalan Solo-Purwodadi tersebut ditargetkan bisa dibuka sebelum Lebaran.

Manajer Pengendalian Teknik PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Ribut Hermawan, mengatakan saat ini pembangunan pintu tol sudah hampir selesai. "Tinggal tahap penyempurnaan di beberapa bagian seperti pemasangan sebagian lampu," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (15/3/2019).

Sedangkan untuk operasional, pintu tol tersebut masih harus menjalani uji layak fungsi. Sedangkan untuk gerbang tol di Bandara Adi Semarmo dan Sragen timur saat ini belum tuntas pembangunannya.

Direktur Utama PT JSN, Ari Wibowo, mengatakan saat ini masih berkoordinasi untuk pengajuan uji layak fungsi pintu tol Gondangrejo. "Kami berharap sebelum Lebaran sudah beres sehingga saat arus [mudik-balik] Lebaran sudah bisa digunakan," kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (16/3/2019).

Ari mengatakan gerbang tol Bandara Adi Soemarmo dan Sragen timur belum bisa difungsikan pada Lebaran tahun ini. Pembangunan kedua pintu tol tersebut masih menunggu kesiapan lahan.

"Pintu tol bandara masih ada relokasi dulu. Sragen baru pembebasan lahan. Jadi kalau harus siap saat Lebaran, saya kira masih berat. Tapi keduanya kami targetkan selesai tahun ini," terang dia.

Mengenai fasilitas lain, Ari mengatakan ke depan akan menambah reader untuk kartu tol. "Kami sedang mintakan penambahan reader untuk antisipasi jika nanti ada kemacetan. Apalagi saat ini ada fasilitas baru, mobile reader, kami juga akan minta tambahan ke pusat," terang dia.

Sedangkan untuk fasilitas top up atau pengisian saldo kartu tol, JSN akan mengoptimalkan rest area. Dia berharap pengguna tol juga bisa melakukan top up saldo kartu tol di ATM dan minimarket di rest area.

"Kami akan tingkatkan sosialisasi, top up tidak harus di gerbang. Kami mencoba agar ATM dari bank Himbara [Himpunan Bank Milik Negara] bisa segera masuk. Saat ini baru BRI di [rest area] KM 519 dan KM 538," kata dia.

Kepala Cabang BNI Slamet Riyadi Solo, Fahrulrazi, mengatakan untuk melayani pengguna tol, BNI akan membuka layanan di pintu masuk atau keluar tol. Sedangkan layanan di rest area akan dilakukan pada momentum tertentu, saat Lebaran atau momentum lain.

Menurutnya saat ini BNI telah mengeluarkan produk kartu tol Tap Cash dalam jumlah banyak. "Tahun lalu sekitar 10.000 kartu. Tahun ini target ditingatkan," kata dia, Jumat.

Selain di area tol, penjualan kartu tol juga dilakukan di luar tol. "Produk kami adalah Tap Cash yang bisa juga untuk berbelanja," lanjut dia.