Solopos Hari Ini: Debat Tak Sentuh Inti Masalah

Harian Umum Solopos edisi Senin (18/3 - 2019).
18 Maret 2019 10:30 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Debat dua cawapres, K.H. Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, dinilai berlangsung datar dan belum menyentuh inti persoalan dalam tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Dalam debat yang digelar di Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam, dua cawapres banyak mengupas tentang jaminan kesehatan nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan ketika mengulas tema kesehatan. "Iya masih banyak yang belum tersentuh," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih.

Ulasan mengenai debat cawapres itu menjadi headline pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (18/3/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga terdapat kabar terbaru dari banjir bandang di Papua. Banjir bandang itu menyebabkan beragam kerusakan.

Kayu & Batu Sapu Kota, Pesawat Terseret ke Jalan

Banjir bandang yang melanda Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (16/3/2019) malam, terjadi setelah hujan deras selama sekitar delapan jam. Gelondongan kayu, batu berukuran besar, dan lumpur dari hulu di Gunung Cycloop, Jayapura, menyapu Sentani dalam hitungan menit.

Berdasarkan data sementara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 58 korban meninggal. Sedangkan Polda Papua menyebut ada 70 korban meninggal dengan perincian 63 korban meninggal di Sentani, Jayapura dan tujuh korban longsor di Kota Jayapura.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar terbaru mengenai persiapan jelang arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. Ada pula sosialisasi Bawasi di Car Free Day Solo.

Kejar Kesiapan Jelang Lebaran

Pengelola ruas jalan tol Solo-Ngawi terus meningkatkan upaya persiapan mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas di masa menjelang Lebaran. Direktur Teknik PT Jasa Marga Solo Ngawi, Aryo Gunanto, mengatakan dalam sehari antara 11.000 hingga 12.000 kendaraan melintas di ruas tol Solo-Ngawi.

Jumlah itu diperkirakan meningkat hingga dua kali lipat saat memasuki libur Lebaran. Ditemui Espos di Rest Area Km 519 A ruas tol Solo-Ngawi saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-41 PT Jasa Marga pada Minggu (17/3/2019) pagi, Aryo mengatakan jumlah itu telah mengurangi kendaraan yang melintas di jalur arteri.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Milenial Diajak Aktif Pantau Pelanggaran

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo melakukan sosialiasi masif kepada generasi milenial untuk mengajak mereka berani membantu memberikan klarifikasi apabila menemukan kabar yang diragukan kebenarannya. Generasi milenial dianggap sebagai generasi muda yang dekat dengan berbagai gadget dan memahami kondisi kekinian.

Ketua Bawaslu Kota Solo, Budi Wahyono, kepada Espos, Minggu (17/3/2019) mengatakan generasi milenial berperan penting dalam pesta demokrasi yang digelar satu bulan lagi. Salah satu upayanya dengan mengajak generasi milenial turun ke jalan untuk ikut menyosialisasikan memerangi bahaya hoaks dan pelanggaran kampanye lainnya di Car Free Day Kota Solo.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.