Ciptakan Pemilu Aman, Kapolres Minta Potmas Laksanakan Tupoksi

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
19 Maret 2019 13:25 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Potensi masyarakat (Potmas) melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) masing-masing di masyarakat agar pemilu aman, damai, dan lancar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Taman Sari, Rabu (13/3/2019). FGD diselenggarakan mengusung tema Meningkatkan Peran Potensi Masyarakat dalam Harkamtibmas Jelang Pemilu 2019 di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan mengundang potmas, yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan masing-masing partai, dan lain-lain.

"Bantuan dari bapak, ibu sekalian [potmas] sesuai tugas pokok masing-masing sehingga saat pelaksanaan pemilu berjalan aman, lancar. Masing-masing lembaga pemerintah tahu apa yang dikerjakan dan bertanggung jawab kepada siapa saat pemilu," kata Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Karanganyar itu menyampaikan bahwa kegiatan FGD diharapkan menjadi sarana menyamakan persepsi tentang upaya menciptakan pemilu aman, damai, dan kondusif. Di sisi lain, Kapolres enggan memberikan komentar saat ditanya potensi kerawanan di Karanganyar.

"Ini salah satu cara menyamakan persepsi biar tidak terjadi perbedaan. Pemetaan kerawanan nanti dinamis. Kami update dengan TNI bersinergi. Kami koordinasi mengawal pemilu aman dan kondusif. Secara keseluruhan di sini aman," tutur dia.

Pada akhir wawancara, Kapolres mengingatkan seluruh warga Karanganyar menggunakan hak pilih sesuai keyakinan masing-masing. Kehadiran ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilih merupakan bagian dari menyukseskan pemilu. "Mencoblos siapa yang akan memimpin bangsa. Jangan sampai golput."