Cara Guru SMP di Sragen Ajari Sopan Santun ke Murid Panen Pujian

Ilustrasi sekolah. (Solopos/Whisnu Paksa)
20 Maret 2019 08:00 WIB Ginanjar Saputra Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN — Beberapa waktu lalu, ada beberapa kejadian memprihatinkan di dunia pendidikan. Beberapa guru ditantang muridnya dan tak mampu berbuat banyak selain menerima permintaan maaf muridnya.

Namun kali ini, dunia pendidikan datang dengan membawa kabar menyejukkan. Para guru di SMPN 1 Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng) memiliki cara tersendiri untuk mendidik muridnya dalam masalah sopan santun.

Para guru datang lebih awal dari muridnya dan berdiri di depan sekolahan menyambut para murid. Saat para murid datang, mereka pun bersalaman dengan mencium tangan para guru.

Kisah unik yang mendidik itu kemudian cukup viral setelah videonya menyebar luas di beragam akun media sosial, salah satunya di akun Instagram @iks_infokaresidenansolo, Senin (19/3/2019). Berdasarkan video yang diunggah, memang tampak murid yang datang langsung mencium tangan guru.

"Setiap murid datang dengan sopan lalu berjabat tangan dengan para guru. Tanpa sadar anak kita diajari sopan santun dan tentang etika menghormati guru yang juga merupakan orang tua kita di sekolahan. Sekolahmu yo ngene po ra lurr?" tulis pengelola akun Instagram tersebut.

Tak pelak cara guru di SMPN 1 Kedawung Sragen itu menuai pujian yang cukup ramai dilontarkan warganet. "Sangat mendidik dan peduli terhadap murid. Bersahaja. Semoga ditiru sekolahan lainnya," tulis pengguna akun Instagram @dianariwibowo_sht.

"Sangat setuju. Memang murid diajarkan tata krama," imbuh pengguna akun Instagram @hery_prihanto.

"Semoga ke depannya kebiasaan seperti ini akan lebih tertib lagi. Semangat," ungkap pengguna akun Instagram @henirinasetiyawati.