Dipepet Proyek KA Bandara Solo, MTsN 15 Boyolali Akan Dipindah

Tiang KA Bandara terpasang di lingkungan MTs Negeri 15 Boyolali di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Senin (18/3/2019). Sekolah tersebut akan dipindah lantaran terdampak proyek KA Bandara. (Solopos - Nadia Lutfiana Mawarni)
20 Maret 2019 07:00 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Mts Negeri 15 Boyolali yang terletak di wilayah RT 004/ RW 008, Desa Dibal, Ngemplak, Boyolali, bakal dipindah ke wilayah RW 005 di desa yang sama.

Lokasi baru terletak di sisi utara tol Solo-Kertosono (Soker) atau sekitar 1,5 km dari lokasi saat ini. Sekolah tersebut di pindah karena terdampak pemasangan tiang proyek rel Kereta Api (KA) lintas Stasiun Solobalapan – Bandara Adi Soemarmo Solo.

Pantauan Solopos.com, Senin (18/3/2019), sejumlah beton tampak telah dipasang hingga hampir menyentuh bangunan sekolah. Jaraknya kurang dari dua meter.

Pemasangan tiang beton tersebut sekaligus mempersempit akses dari lingkungan sekolah ke Jl. Raya Ngemplak-Ketitang, Kecamatan Nogosari.

Meski demikian, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah masih berjalan seperti biasa. Aktivitas pengecoran yang menimbulkan suara bising dilakukan setelah KBM selesai atau sore hari. Di sejumlah sisi bangunan sekolah, pagar dari bahan seng dipasang sebagai pembatas antara lingkungan sekolah dan kawasan proyek.

Perihal pemindahan sekolah, Kepala Desa Dibal, Budi Setyono, menyebut sudah ada tanah kas desa yang diproyeksikan menjadi tanah pengganti MTs Negeri 15 itu. “Kemarin sudah disurvei dan disepakati,” ujar Budi.

Tanah tersebut merupakan tanah kas desa. Sementara tanah yang ditempati MTsN 15 kini akan diganti rugi dengan total nilai Rp2,9 juta per meter. Tanah terdampak, imbuh Budi, diperkirakan seluas 825 meter termasuk halaman.

Pemindahan sekolah akan ditindaklanjuti setelah proses pembayaran dan kesepakatan bersama Kementerian Agama rampung. “Setelah itu akan muncul harga pengganti tanah yang baru,” imbuh dia. Terkait pembayaran itu, Budi belum mendapatkan keterangan dari pihak-pihak terkait.