Buntut Bocah Boyolali Meninggal Pasca Operasi Amandel, Warganet Buka Suara

Rumah Sakit Hidayah di Boyolali (Facebook)
21 Maret 2019 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI Kisah tragis yang dialami Muhammad Ahsan Arrosyid, 8, membuat warganet sedih. Bocah SD tersebut meninggal setelah menjalani operasi amandel di Rumah Sakit Hidayah, Boyolali, Selasa (12/3/2019).

Sejumlah warganet yang pernah berobat ke RS Hidayah menyuarakan kekecewaan lewat kolom komentar di akun Instagram @boyolali_info, Jumat (15/3/2019). Menurut mereka, pelayanan di rumah sakit tersebut kurang memuaskan.

"Kasusnya sama seperti pakde saya di RS Hidayah juga. Kira-kira tahun 2012 bulan Desember," komentar @ade_reniyatiar.

"Ibu saya juga meninggal di RS Hidayah. Memang ada banyak lalat," terang @tari11__.

"Dulu, tiga tahun lalu temanku kelas VI SD juga meninggal karena operasi amandel di RS Hidayah," kenang @ridho_gantheng_seno_hgs_junior.

"Agak kecewa dengan pelayanannya, sama tempatnya, karena ini rumah sakit. Harusnya dapat perhatian khusus dari pihak rumah sakitnya. Mohon dinas terkait melakukan sidak," imbuh @skipperricky.

"Kalau salah prosedur harus dihukum berat tuh. Bapak saya di sana dulu habis operasi malah pendarahan banyak. Sangat tidak puas," sambung @utorojontro,

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, hasil klarifikasi tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali ke Rumah Sakit (RS) Hidayah menemukan kemungkinan penyebab meninggalnya Muhammad Ahsan Arrosyid, bocah asal Dukuh Karangkidul, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, seusai operasi amandel karena tersedak.

Tim dari Dinkes Boyolali datang ke RS Hidayah pada Jumat (15/3/2019). Tujuan mereka meminta klarifikasi dokter dan petugas medis rumah sakit yang terlibat operasi amandel terhadap Ahsan, Selasa (12/3/2019). Ahsan meninggal dunia sekitar satu jam setelah operasi.

Dari hasil klarifikasi itu, tim dokter menduga ada makanan atau minuman yang masuk ke saluran napas setelah operasi. Selain melakukan klarifikasi tim Dinkes juga mengecek perizinan rumah sakit dan surat izin praktik dokter yang menangani Ahsan. Menurutnya, semuanya lengkap dan masih berlaku.