Warganet Tak Sabar Pancing Ikan di Bendung Tirtonadi Solo

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (kanan) melepas benih ikan nila dalam acara Tebar Mina di Bendung Karet Tirtonadi, Solo, Kamis (21-3/2019). (Solopos - M. Ferri Setiawan)
22 Maret 2019 14:00 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Solo menebar ribuan benih bibir ikan di Bendung Tirtonadi Kali Pepe, Kamis (21/3/2019). Penebaran benih tersebut terekam mata lensa pemilik akun Instagram @bagussolo.

Foto tersebut memperlihatkan sejumlah orang yang membantu pelaksanaan penebaran bibit ikan di kawasan Bendung Tirtonadi. Hal ini dilakukan agar bibit ikan berkembang biak dan bisa dipancing warga sekitar.

"Keren hlo. Hari ini Pemkot Solo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menebar ribuan benih bibit ikan di Bendung Tirtonadi, Kali Pepe. Ikan ini agar bisa jadi bibit ikan yang akan berkembang dan bisa dipancing oleh warga sekitar. Tapi, ya harus menunggu sekitar tiga bulan lagi biar dapatnya gede," tulis @bagussolo sebagai keterangan foto.

Penebaran bibit ikan tersebut disambut gembira warganet. Mereka tak sabar untuk memancing ikan sambil menikmati pemandangan dan bersantai di kawasan Bendung Tirtonadi, Kali Pepe, Solo. "Tiga bulan lagi ke sini. Bukan cuma foto tapi bawa pancingan," komentar @trilestartar dalam foto yang dibagikan akun Instagram @jelajahsolo.

"Penting jangan buang sampah di sungai ya. Dijaga kebersihannya. Yakin deh pasti jadi banyak wisatawan nanti. Meski sekadar nongkrong doang kan lumayan tempatnya bersih, adem, dan nyaman," imbuh @zzevze.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, penyebaran benih ikan itu untuk mendukung program Wong Solo Sueneng Banget Lawuh Iwak (Wongso Subali). Penyebaran benih ikan di Bendung Tirtonadi dilakukan langsung Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menggunakan perahut karet BPBD Kota Solo. Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Solo, Weni Ekayanti.

“Kegiatan tebar benih ikan di perairan umum ini merupakan program Dinas Perikanan dan Kelautan Jateng yang bekerja sama dengan kabupaten/kota. Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah gemar makan ikan,” kata Weni Ekayanti.

Menurut Weni ikan mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia sehingga sangat disarankan rutin mengonsumsi ikan. Kandungan protein yang ada di daging ikan sangat bermanfaat bagi tubuh, utamanya anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

Sedangkan Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo mengaku sangat senang dengan program tebar benih ikan di perairan Solo. Sebab kegiatan tersebut menurut dia sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perairan atau sepanjang aliran sungai.

Saking pentingnya kegiatan tebar benih ikan tersebut Rudy pun rela datang kendati sedang cuti. Selain untuk menebarkan benih ikan, orang nomor satu di Solo itu mengaku punya kenangan yang sangat berkesan di Bendungan Tirtonadi “Gilimanuk”.

“Saya sekaligus nostalgia dengan tempat ini. Dulu pas masih kecil saya sering balapan di sini. Saya juga sering main sepeda di sini. Mudah-mudahan benih ikan yang hari ini saya tebarkan bisa berkembang dan dinikmati masyarakat,” tutur dia.

Rudy membolehkan masyarakat untuk memancing ikan yang ada di sekitar Bendungan Tirtonadi. Tapi para pemancing harus bersabar beberapa waktu untuk menunggu benih ikan yang disebarkan bertambah besar dan layak untuk dikonsumsi. Dia melarang masyarakat menjaring ikan-ikan yang ada di kawasan Bendungan Tirtonadi. Bila ingin mencari ikan di kawasan itu menurut dia lebih baik dengan cara dipancing. “Kalau dengan cara dijaring ya ora entuk. Mancing saja,” tegas dia.