Surat Suara Pemilu DPRD Karanganyar Belum Tiba

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
22 Maret 2019 03:00 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- KPU Karanganyar menerima 1.417.856 lembar surat suara DPR dan DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (19/3/2019) untuk Pemilu 2019.

Masing-masing surat suara DPR dan DPRD Provinsi Jawa Tengah 708.928 lembar. Informasi yang dihimpun Solopos.com, surat suara dikemas pada dus cokelat masing-masing 1.418 dus untuk surat suara DPR maupun DPRD Provinsi Jawa Tengah. Setiap dus berisi 500 lembar surat suara.

"Sudah datang Selasa malam menggunakan tiga truk. Tetapi tidak bisa langsung bongkar muat karena hujan deras. Kami menunggu hingga hujan agak reda. Surat suara disimpan di Gedung Persatuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia [PKPRI]," kata Pelaksana Harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Muhammad Maksum, saat berbincang dengan wartawan, Rabu (20/3/2019).

Proses menurunkan surat suara dari truk ke Gedung PKPRI dilakukan hingga Rabu (20/3/2019) pukul 03.30 WIB. Maksum, sapaan akrabnya, menuturkan penyortiran dan pelipatan dimulai dari surat suara DPR. Proses sortir dan lipat mulai dilakukan Rabu. KPU Karanganyar menggunakan dua tempat untuk pernyortiran dan pelipatan, yakni di Gedung PKPRI dan Kantor Kelurahan Jungke. KPU beralasan kapasitas Gedung PKPRI kurang memadai.

"Sudah mulai menyortir dan melipat hari ini [Rabu] untuk surat suara DPR. DPR dirampungkan dulu kemudian DPRD Provinsi Jawa Tengah. Rencana kami proses sortir dan lipat rampung delapan hari itu untuk surat suara DPR dan DPRD Provinsi Jawa Tengah," jelas dia.

KPU menggunakan jasa sortir dan lipat 240 orang. Jumlah itu lebih banyak apabila dibandingkan saat menyortir dan melipat surat suara pemilihan umum presiden dan wakil presiden (Pilpres) dan DPD. Maksum menyampaikan tinggal surat suara DPRD Kabupaten Karanganyaryang belum dikirim oleh pihak percetakan.

"Dibagi menjadi 20 kelompok. Pengiriman dan pelipatan ini masih sesuai rencana atau jadwal. Yang di Kelurahan Jungke itu hanya sortir dan lipat. Setelah rampung sortir dan lipat, surat suara akan dikirim ke Gedung PKPRI untuk disimpan. Honor sortir dan lipat Rp100 per lembar."