Kapolres Karanganyar: Kampanye Tertib akan Menarik Simpati

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, didampingi Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Andi Amin Latama, memimpin apel kesiapan TNI/Polri dan Komponen Bangsa lain di Jalan Lawu atau depan Mapolres Karanganyar, Jumat (22/3/2019). - Sri Sumi Handayani
24 Maret 2019 23:40 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, mengajak masyarakat ikut menciptakan kondusivitas ketenteraman di Kabupaten Karanganyar pada Pemilu 2019.

Orang nomor satu di Polres Karanganyar menyampaikan itu seusai Apel Kesiapan TNI/Polri dan Komponan Bangsa Lain dalam Mengamankan Pemilu Serentak 2019. Apel dilaksanakan di Jl. Lawu atau depan Mapolres Karanganyar, Jumat (22/3/2019). Ratusan orang dari TNI/Polri, aparatur negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, perwakilan partai politik (parpol), warga Karanganyar, dan lain-lain.

"Gelar pasukan serentak seluruh Indonesia. Semua pihak berkomitmen menyukseskan pemilu, bukan hanya pemerintah, TNI/Polri. Masyarakat juga ikut membantu menciptakan wilayah kondusif tenteram. Semua berpartisipasi," kata Kapolres saat ditemui wartawan seusai apel.

Kapolres juga meminta seluruh pimpinan parpol mengingatkan simpatisan dan pendukung untuk ikut menjaga ketertiban dan keamanan. Kapolres mengklaim wilayah Kabupaten Karanganyar kondusif menjelang kampanye terbuka yang akan dilaksanakan Minggu (24/3/2019). "Secara keseluruhan kondusif. Kami sampaikan sosialisasi ke calon legislatif agar mereka sampaikan ke pendukung untuk mematuhi undang-undang yang berlaku. Sudah enggak zaman kampanye melanggar aturan. Kalau tertib itu malah menarik simpati pemilih," tutur dia.

Sementara itu, Kapolres membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, saat apel. Kapolres didampingi Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Andi Amin Latama. Isi sambutan Menko Polhukam menitikberatkan pada konsolidasi politik seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung terhadap Pemilu 2019.

"Ajang ini bukan untuk membenturkan pihak satu dengan yang lain. Ini ajang kompetisi program dan kapabilitas. Pemetaan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban melibatkan seluruh stakeholder. Tugasnya mengenali, menemukan, dan menetralisir hambatan," ujar Kapolres saat membacakan sambutan.

Pada sambutan, Wiranto juga menyinggung tentang hoaks dan politik identitas ekstrem. Wiranto berharap seluruh pihak melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Ujung tombak penyelenggaraan keamanan dan ketertiban berada di bahu Babinsa dan Bhabinkamtibmas. "Sinergitas seluruh komponen masyarakat. Babinsa dan bhabinkamtibmas menenangkan masyarakat agar tidak resah. Masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan aman."