Embung Plalar Karanganyar Ditebari 220.000 Ikan, Mancing Boleh, Nyetrum Jangan

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menebar benih ikan di Embung Plalar, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat, Selasa (26/3). - Sri Sumi Handayani
27 Maret 2019 13:45 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Desa Kaliwuluh mendapatkan bantuan 220.000 ekor benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Selasa (26/3/2019).

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng memberikan 670.000 ekor untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Selanjutnya, Pemkab mengalokasikan 220.000 ekor benih ikan untuk Pemerintah Desa Kaliwuluh. Seluruh benih ikan itu ditebar di Embung Plalar. Jenis benih ikan yang diberikan adalah nila merah, nila hitam, tawes, nilem, dan emas.

Asisten II Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar sekaligus Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Karanganyar, Siti Maisyaroch, menyampaikan bantuan akan didistribusikan ke Kabupaten Karanganyar. Tetapi, Pemkab mengalokasikan 220.000 ekor untuk Embung Plapar di Dusun Lajer, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat.

"Sisanya dibagi se-Kabupaten Karanganyar. Satu plastik itu isi 1.000 ekor benih ikan. Nanti bisa dipanen tiga sampai empat bulan lagi. Kami berharap warga sekitar ikut melestarikan bantuan benih ini. Warga sekitar silakan kalau mau panen karena ini memang untuk dimanfaatkan masyarakat. Ini sekaligus diversifikasi sumber daya hayati," kata dia saat memberikan sambutan.

Kepala Desa Kaliwuluh, Suratmin, mengungkapkan harapan Embung Plalar menjadi salah satu ikon pariwisata di desa. Dia menyampaikan hal itu dihadapan Bupati Karanganyar, Juliyatmono. "Ini akan kami kelola menjadi ikon wisata Kaliwuluh. Kami berharap dukungan pemerintah dalam hal peningkatan infrastruktur di sekitar lokasi. Jalan masuk 400 meter dan pintu air embung diperbaiki agar air tidak terbuang percuma. Plapar menjadi wisata dan menambah PAD Kaliwuluh," ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyanggupi permohonan bantuan pembangunan infrastruktur penunjang di sekitar Embung Plalar. Yuli, sapaan akrabnya, langsung menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) untuk membuat rencana pembangunan. Selain itu, dia meminta kepala desa lain di Kecamatan Kebakkramat mendata dan memanfaatkan seluruh potensi desa untuk kesejahteraan warga.

"Inspirasi kades anyar. Kaliwuluh duwe Plalar. Kalau ada BUM Desa, diajak rembukan. Tukang-tukang mancing bantu promosi melestarikan lingkungan. Ditata sing apik. Desa yang lain mungkin ana apa sing prelu diobahke. Guyup, golek sandhang pangan," tutur Yuli.

Politikus Partai Golkar itu mengingatkan warga agar tidak memancing menggunakan racun maupun setrum. Dia juga berharap warga kreatif menyelenggarakan kegiatan untuk mempromosikan potensi desa. "Sing ngeracun iwak, tak racun gantian. Sik nekat nyetrum iwak, tak setrum gantian," ungkap Yuli berkelakar.