Laris, Paket UNBK dan SBMPTN di Bimbingan Belajar Solo

Ilustrasi Bimbel. (Dok)
28 Maret 2019 11:00 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Paket Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang ditawarkan bimbingan belajar (bimbel) di Solo laris manis.

Seorang siswa Kelas XII SMAN 4 Solo, Brian Saputra, mengaku belajar dari pagi hingga petang membuatnya lelah. Namun, ia merasa semua itu belum cukup. “Senang saja kalau belajar di bimbel karena banyak temannya. Aku rasa perlu ikut bimbel karena pembelajaran di sekolah hanya fokus sampai ujian nasional. Persiapan materi SBMPTN tidak ada. Kalau di bimbel dapat les hingga persiapan SBMPTN maupun materi UTBK [Ujian Tulis Berbasis Komputer],” kata Brian saat ditemui Solopos.com di gerbang SMAN 4 Solo, Senin (25/3/2019).

Brian menambahkan latihan soal di bimbel selalu update dibandingkan soal yang diberikan di sekolah. “Pembelajaran di bimbel meningkatkan kepercayaan dirian saya. Kalau tidak ikut bimbel, saya tak yakin mampu bersaing dengan teman-temannya yang kini hampir semuanya mengikuti pembelajaran di bimbel. Saya ingin masuk Jurusan Hukum Universitas Sebelas Maret [UNS] Solo,” kata dia.

Siswa Kelas XII SMAN 7 Solo, Paula Nur Jannah merasa tidak yakin harus belajar sendiri di rumah. “Saya tidak bisa belajar sendiri. Mengikuti bimbel itu membantu saya dalam mengerjakan soal latihan UNBK,” kata dia.

Ia terbantu saat menerima tugas dari sekolah kemudian bisa mengerjakannya lewat pendampingan dari bimbel. “Sebenarnya bimbel dan pembelajaran di sekolah saling melengkapi. Kalau di bimbel dapat materi duluan, terus kami [siswa] sudah paham mengenai materi tersebut. Waktu pelajaran di sekolah langsung sudah tahu jadi saling melengkapi. Soalnya kalau di pelajaran [sekolah] saja itu kayak kurang,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di SMAN 7 Solo.

Paula mengaku melanjutkan belajar di tempat bimbel sepulang sekolah tak membuatnya lelah. “Kadang capek, tergantung mood. Tapi saya punya cita-cita melanjutkan studi di Universitas Diponegoro Semarang,” ujar dia.

Penanggung jawab Bimbel Primagama Cabang Pasar Kliwon, Andreas Dwi, mengatakan pada tahun ajaran baru lalu, jumlah siswa yang belajar di Primagama meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. ”Peningkatannya pasti ada di setiap tahun. Beberapa pendaftar mayoritas mengambil paket UNBK dan SBMPTN. Ini memengaruhi jumlah anak yang belajar di Bimbel Primagama,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Bimbel Primagama.

Andreas Dwi berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan masukan siswa. “Beberapa siswa selalu memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas bimbel. Saran dan masukan mereka selalu kami tampung untuk memperbaiki mutu,” ujar dia.