Di Solo, Nonbar Debat Capres Digelar di Tiap Posko Kedua Kubu

Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2 - 2019). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
29 Maret 2019 07:00 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dua tim pemenangan/kampanye capres-cawapres peserta Pilpres 2019 di Kota Solo menyiapkan agenda nonton bareng (nonbar) debat keempat capres yang akan disiarkan langsung stasiun televisi nasional pada Sabtu (30/3/2019) malam.

Debat yang akan mempertemukan lagi capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto itu diprediksi berlangsung sengit. Apalagi pada debat sebelumnya kedua capres itu terlibat saling serang argumentasi.

Ketua Badan Pemenangan Kota Solo untuk pasangan capres cawapres nomor urut 02, N.R. Kurnia Sari, kepada wartawan, Kamis (28/3/2019), mengatakan nonbar pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan dilakukan di seluruh posko pemenangan di Solo.

“Di setiap posko akan kami gelar nonbar. Di Solo ada sekitar 10 posko,” ujar dia.

Menurut Kurnia Sari, nonbar hanya akan dihadiri tokoh lokal Solo lantaran para tokoh nasional dijadwalkan mendampingi Prabowo Subianto saat acara debat berlangsung.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Solo itu meminta para pendukung capres-cawapres nomor urut 02 di Solo berbondong-bondong mengikuti nonbar di setiap posko. Tapi dia mengimbau agar para pendukung tetap menjaga ketertiban saat menonton debat.

Kegiatan nonbar pendukung capres-cawapres nomor urut 02 salah satunya di Ballroom Hotel Harris Solo. Kegiatan yang diprakarsai Gerakan Milenial Indonesia (GMI) itu diprediksi akan diikuti 200 orang perwakilan dari berbagai provinsi di Tanah Air.

“Kegiatan nonbar debat capres merupakan rangkaian kegiatan dari rapat koordinasi nasional GMI. Rakornas kami gelar sore harinya, lalu malam harinya dilanjutkan nonton bareng debat capres,” ujar Ketua Panitia Rakornas GMI, Dipo Suryo Wijoyo.

Tim Kampanye Daerah (TKD) Solo untuk capres cawapres nomor urut 01 juga menyiapkan agenda nonbar debat keempat capres, Sabtu malam. Kegiatan itu, menurut Ketua TKD Solo, Her Suprabu, juga akan dilakukan di tiap posko pemenangan.

Dia mengimbau para pendukung capres-cawapres nomor urut 01 untuk memadati setiap acara nonbar di wilayah masing-masing. Menurut Her Suprabu, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah debat pesta demokrasi lima tahunan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, debat keempat capres pada Sabtu malam mengambil tema Ideologi, Pemerintahan, Keamanan, serta Hubungan Internasional. Debat tersebut akan dimoderatori oleh Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.