Rayakan Earth Hour 2019, The Sunan Hotel Solo Sajikan Makanan Ramah Lingkungan

Makanan ramah lingkungan ala The Sunan Hotel Solo (Istimewa)
29 Maret 2019 23:40 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – The Sunan Hotel Solo mendukung gerakan Earth Hour melalui serangkaian kampanye hemat energi. Earth Hour (jam bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Found For Nature (WWF).

Pada perayaan Earth Hour 2019, Sabtu (30/3/2019), The Sunan Hotel Solo melakukan pemadaman listrik selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB. Pemadaman listrik dilakukan di beberapa titik area The Sunan Hotel Solo, mulai dari lobi, restoran, lampu sorot Gedung Sunan 1 dan 2, serta parking area.

Yuwono Supriyo selaku Chief Engineering The Sunan Hotel Solo menyampaikan, kegiatan ini termasuk agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun. “Ini merupakan aksi nyata dan sederhana untuk mengajak semua orang lebih bijak memanfaatkan Bumi. Dalam 60 menit, seluruh lampu dan perangkat elektronik di hotel yang menggunakan energi listrik akan dipadamkan secara maksimal tanpa mengganggu kenyamanan tamu,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (29/3/2019).

Manajemen The Sunan Hotel Solo berharap, program tersebut menjadi tindakan berkelanjutan bagi masyarakat untuk menghemar energi. Mereka berharap tamu hotel mendukung kegiatan tersebut dengan mengurangi pemakaian listrik secara bijak.

Kampanye Earth Hour ala The Sunan Hotel Solo juga mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah. Caranya dengan menampilkan kreasi busana karya mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta program studi batik. Mereka merancang pakaian ramah lingkungan dengan memanfaatkan plastik, kain perca, dan karung goni. Barang yang tidak terpakai itu disulap menjadi baju yang memesona.

Turut dipamerkan juga hasil produk kerajinan metafora #5 yang terbuat dari kayu berupa jam dinding, tempat alat tulis, gitar, dll. Semua itu merupakan hasil karya mahasiswa ISI Surakarta. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang hemat energi, murah dan sederhana.

Masih dalam perayaan Earth Hour, The Sunan Hotel Solo menyajikan menu makanan ramah lingkungan. Semua menu makanan tersebut sangat sedikit membutuhkan energi listrik, gas, dan minyak sehingga aman dikonsumsi bagi tubuh juga lingkungan. Makanan tersebut berasal dari sayur-sayuran dan buah, salah satunya kulit jeruk yang diolah kembali menjadi selai (marmalade).

Ada tiga menu yang disajikan, yakni Tomato Soup On Bread, berupa sup tomat, Spinach Pasta, pasta yang diolah dari bayam, serta Orange Panna Cotta with Marmalade, puding jeruk dengan selai dari kulit jeruk. Seporsi Tomato Soup On Bread bisa dinikmati dengan mahar Rp30.000/nett. Spinach Pasta Rp60.000/nett, dan Rp25.000/nett untuk Panna Cotta with Marmalade. Ada pula minuman segar Lime Moon Sabit seharga Rp 40.000/nett yang disajikan di Narendra Restaurant The Sunan Hotel Solo.