Peminat Jadi Kayawan Regar Sport Wonogiri Membanjir

Pelamar menunggu antrean wawancara dalam perekrutan pegawai PT Regarsport Industri Indonesia di Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri, Kamis (28/3/2019). - Cahyadi Kurniawan
29 Maret 2019 10:00 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Jumlah pelamar yang ingin menjadi pegawai PT Regarspot Industri Indonesia (PT RSII) membeludak begitu perekrutan dibuka. Hingga waktu pendaftaran ditutup, PT RSII menerima 431 pelamar dari 90 formasi yang dibuka.

Dari 431 pendaftar itu, ada 53 orang dinyatakan tidak lulus administrasi karena persoalan umur. Seleksi wawancara diikuti oleh 378 pelamar di Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri, Kamis-Sabtu (28-30/3). Pada perekrutan kali ini, Regar Sport tetap memberlakukan persyaratan yang sama yakni harus warga asli Wonogiri.

Owner PT RSII, Jumariyanto, mengatakan penerimaan pegawai merupakan tuntutan bisnis. Regar Sport membutuhkan tak sekadar SDM berkualitas, tapi juga cukup dari segi kuantitas. “Pada tahap I ini kami membuka 90 formasi untuk bidang teknis bawah. Pada perekrutan ini, kami sekaligus menguji apakah isu pengadaan karyawan ini menarik bagi warga lokal Wonogiri,” kata dia saat ditemui Espos di sela-sela seleksi wawancara, Kamis (28/3).

Ia menjelaskan sebelumnya perekrutan pegawai Regar Sport hanya diumumkan dari mulut ke mulut. Kebutuhannya pun tak banyak, hanya 2-15 orang dan tidak ada seleksi formal. Seleksi formal diberlakukan per 2019 seiring kemajuan Regar Sport dengan memfasilitasi karyawannya BPJS Ketenagakerjaan dan lainnya. “Dulu cari penjahit satu saja susah. Sekarang, ternyata animo mereka cukup tinggi,” beber dia.

Tahun ini Regar Sport menargetkan punya 1.250 karyawan dengan perincian 500 orang di bagian jahit dan 750 orang di lini produksi dan manajemen. Saat ini ada 150 orang di bidang jahit yang tesebar di berbagai kecamatan di Wonogiri. Sedangkan, di level produksi dan manajemen ada 420 orang. “Khusus penjahit kami beri otonomi khusus penambahan penjahit asalkan kualitas dan dan kaidah-kaidah Regar Sport dipatuhi. Untuk level manajemen dan karyawan akan ada perekrutan tahap II sekitar 150-200 orang,” ujar dia.

Tak hanya itu, penambahan karyawan ini akan diimbangi dengan penambahan mesin printing dari 17 unit menjadi 35-40 unit. Di bidang IT, pengembangan terus digenjot dengan membikin aplikasi pemesanan dan web design 3D. Di bidang keuangan, Regar Sport mengundang lima bank terkemuka untuk pengembangan virtual account. “Pembenahan ini bukan parsial tapi terintegrasi. Nanti di tiga-lima bulan ke depan akan terlihat integrasinya. Ini akan menjadi penampilan bisnis yang sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan omzet diproyeksikan naik menjadi Rp2-3 miliar per bulan,” urai Jumariyanto.