Renovasi Kandang Pelikan TSTJ Solo Makan Anggaran Rp90 Juta

Pengunjung menaiki gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Selasa (1/1 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
30 Maret 2019 18:15 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Manajemen Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo menggelontorkan anggaran Rp90 juta untuk memperbaiki kandang dan kolam burung pelikan. Kandang itu belum pernah direnovasi total sejak dibangun pada tahun 1994.

Direktur TSTJ Solo Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan kondisi bangunan kandang pelikan sudah tua. Selain itu, ada penambahan pelikan dari Kebun Binatang Ragunan.

“Nanti kolamnya rencana sudah jadi seminggu lagi. Prosesnya sudah berlangsung dari kemarin-kemarin. Kandangnya kan bangunannya sudah tua, lalu ada tambahan burung pelikan juga. Totalnya sekarangan jadi enam ekor. Jadi dibutuhkan pelebaran kandang. Agar satwanya bisa lebih nyaman,” ujar Bimo saat ditemui solopos.com di ruangannya Jumat (29/3/2019).

Bimo menjelaskan proses revitalisasi kandang pelikan memakan biaya sebesar Rp90 juta yang diambil dari dana pemasukan TSTJ. Kolam tersebut diperlebar hingga menjadi berukuran 15 meter x 7 meter.

Sementara itu Dewan Pengawas TSTJ Solo Sutarto mengatakan perbaikan kandang pelikan sangat dibutuhkan. 

“Sejak dibangun, hanya mengalami tambal sulam perbaikan kandang saja. Oleh karena tidak layak lagi, maka di 2019 diputuskan untuk diperbaiki. Sesuai dengan kemampuan TSTJ. Tentu perbaikan ini merupakan langkah bagus. Karena bangunan tua yang dirobohkan akan diganti menjadi bangunan kandang yang lebih bagus,” papar Sutarto.