Lubang di Jl. Mayor Achmadi Plesungan Karanganyar Bahayakan Pengendara

Pengendara sepeda motor melintasi Jl. Mayor Achmadi, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jumat (29/3 - 2019). (Solopos/Wahyu Prakoso)
30 Maret 2019 19:15 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Ruas Jl. Mayor Achmadi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, rusak. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karanganyar sudah menyiapkan anggaran untuk memperbaiki jalan tersebut.

Berdasarkan pantauan solopos.com, Jumat (29/3/2019), sejumlah bagian jalan tampak retak, berlubang, dan bergelombang. Kerusakan paling parah berada di selatan kantor Desa Plesungan sebanyak dua titik. Titik paling selatan, terdapat enam lubang besar hampir memenuhi lebar ruas jalan dan lubangnya sedalam 20 sentimeter. Lubang-lubang tersebut tergenang air.

Titik kedua, kondisinya hampir sama. Di titik tersebut tidak ditemukan genangan air karena sudah diuruk dengan batu. Namun, pengurukan asal-asalan sehingga membuat jalan bergelombang dan menyisakan lubang. Kondisi ini cukup riskan karena kendaraan kerap keluar jalur untuk menghindari jalan rusak.

Salah satu warga Desa Plesungan, Anton, 30, menjelaskan, kondisi jalan rusak sudah lama. Dia mengatakan, pernah dilakukan penambalan jalan tetapi tidak lama jalan mengalami kerusakan lagi.

“Ini jalur ramai, banyak truk dengan muatan berat melintasi jalan, kalau kualitas aspal tidak bagus pasti cepat rusak. Sering saya temui pengendara sepeda motor jatuh karena tidak tahu ada lubang. Semoga jalan segera diperbaiki,” katanya kepada solopos.com saat ditemui di lapaknya.

Senada dengan Anton, warga lainnya Samidi, 56, menjelaskan, kerusakan jalan parah sejak musim penghujan.

“Kalau orang enggak tahu ada lubang, bisa jatuh. Di selatan kantor desa memang parah. Saat hujan deras, bisa banjir hampir selutut orang dewasa karena ruas jalan berbentuk cekung,” katanya kepada solopos.com.

Kepala DPUPR Kabupaten Karanganyar Edi Sriyatno menjelaskan pagu anggaran 2019 untuk perbaikan jalan meningkat dari tahun sebelumnya. Dia mengatakan, proses persiapan tender untuk perbaikan Jl. Mayor Achmadi sedang berjalan.