Mau Lapor Kehilangan? Polres Wonogiri Buka Layanan Keliling

Terobosan! Petugas melayani warga yang melaporkan kehilangan barang di Balai Layanan Kamtibmas Keliling (BLKK) di depan Pasar Kota Wonogiri, Selasa (26/3/2019) lalu. (Istimewa - Humas Polres)
31 Maret 2019 21:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Polres Wonogiri membuat terobosan baru, yakni jemput bola layanan laporan kehilangan barang. Sesaat setelah diproses pelapor bakal bisa langsung mendapatkan surat kehilangan tanpa harus melapor ke Polsek atau Polres.

Kanit I Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Wonogiri, Ipda Waskito, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (31/3/2019), mengatakan layanan itu diberi nama Balai Layanan Kamtibmas Keliling (BLKK) dengan menggunakan sarana Daihatsu Gran Max.

Layanan keliling dimulai 26 Maret lalu dengan sasaran Pasar Kota Wonogiri. Warga dapat melaporkan kehilangan barang, seperti dompet, surat-surat penting, buku tabungan, KTP, dan sebagainya melalui BLKK.

Pada saat yang sama petugas akan memproses agar pelapor segera mendapatkan surat kehilangan untuk keperluan lain sesuai kebutuhan pelapor. BLKK juga dapat menerima laporan atau aduan kehilangan orang atau dugaan tindak pidana.

Namun, pada kasus kehilangan orang atau tindak pidana petugas BLKK akan mengarahkan pelapor ke Polsek atau Polres untuk proses selanjutnya. Hal itu karena pembuatan laporan perlu tindak lanjut di unit atau satuan terkait.

“Selain pasar, kami akan menyasar lokasi lain, seperti kantor bank, CFS [car free sunday] setiap Minggu, dan tempat keramaian lainnya,” kata Waskito mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.

Dia melanjutkan program tersebut merupakan terobosan baru yang diinisiasi sejak 2018. Tujuan utamanya mendekatkan pelayanan kepolisian ke masyarakat. Alhasil, proses layanan dapat cepat dan efisien.

Program tersebut sebagai jawaban atas banyaknya warga, termasuk pedagang, yang membuat laporan kehilangan. Menurut Waskito, warga menyambut baik BLKK. Mereka merasa terbantu karena tak perlu lagi ke Polsek atau Polres untuk melaporkan kehilangan barang.

Saat di Pasar Kota Wonogiri lebih kurang 10 orang mengakses layanan di BLKK. “Layanan ini gratis,” ucap Waskito.