Astaga! Sampai H-16, KPU Sukoharjo Belum Dikirimi Surat Suara DPRD Kabupaten

Sejumlah pekerja melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara DPD RI di Gedung Budi Sasono, Sukoharjo, Senin (18/3/2019). (Solopos - Bony Eko Wicaksono)
01 April 2019 20:35 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo hingga Senin (17/3/2019) atau H-16 Pemilu 2019 belum juga mendapat kiriman surat suara untuk DPRD kabupaten.

KPU Sukoharjo pun mulai menyusun strategi guna mengantisipasi keterlambatan surat suara tersebut. Meski demikian, KPU optimistis logistik pemilu siap sebelum pemungutan suara pada hari pencoblosan 17 April mendatang.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan sesuai hasil koordinasi terakhir, surat suara DPRD kabupaten akan dikirim pekan ini. Namun dia masih menunggu konfirmasi dari percetakan.

“Katanya segera dikirim surat suara dalam pekan ini. Tapi kami akan koordinasi lagi dengan percetakan,” katanya, Senin (1/4/2019).

Nuril mengaku sejumlah strategi disiapkan guna mengantisipasi keterlambatan logistik surat suara. Antisipasi yang disiapkan KPU antara lain melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna mempercepat distribusi logistik.

Selain itu, KPU akan menambah tenaga sortir dan lipat surat suara agar prosesnya cepat selesai. “KPU juga mulai mencicil pengesetan logistik yang dimasukkan ke dalam kotak suara. Jadi pengesetan logistik mulai kami lakukan agar aktivitas logistik tidak terhenti," ujarnya.

Dia mencontohkan dalam satu kotak suara terdapat 10 item logistik, KPU akan mencicil dengan memasukkan logistik yang sudah siap dan kekurangannya menyusul. Disinggung soal logistik lainnya, Nuril melanjutkan kekurangan kotak dan bilik suara sudah dimintakan konfirmasi segera dikirim. Begitu juga dengan kekurangan logistik lain terus dikoordinasikan dan siap dikirim.

“Surat suara DPRD kabupaten ini kan sebenarnya membutuhkan ketelitian yang lebih. Karena ada lima daerah pemilihan [dapil] di Sukoharjo,” katanya.

Oleh karena itu jangan sampai surat suara yang dimasukkan dalam kotak suara tertukar antardapil sehingga bisa mengganggu jalannya pemungutan suara nanti. Nuril menargetkan paling lambat logistik surat suara sudah didistribukan ke PPK pekan depan.