2 Pejabat Polres Sukoharjo Diganti, Salah Satunya Kasatnarkoba

Topi polisi. (Solopos - Dok)
02 April 2019 08:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dua pejabat perwira di lingkungan Polres Sukoharjo diganti. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (1/4/2019).

Dua pejabat tersebut adalah Kasat Narkoba diserahterimakan dari pejabat lama AKP A.A. Gede Oka kepada AKP Agus Syamsudin, dan Kabag Sumber Daya (Sumda) dari AKP Joko Waluyo ke penggantinya AKP Siti Aminah.

Pelantikan dan serah terima jabatan ditandai pemasangan tanda pangkat dan penandatanganan berita acara, serah terima jabatan dari pejabat lama dan pejabat baru.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan mutasi dan serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan hal biasa. Selain sebagai upaya pengembangan karier, mutasi sekaligus untuk peningkatan kinerja yang mengarah pada peningkatan profesionalisme dalam pelayanan prima kepolisian.

“Dengan dilaksanakan serah terima jabatan ini diharapkan memperoleh kemantapan, pengalaman dalam jabatan yang beragam,” kata Kapolres.

Kapolres meminta pejabat yang dilantik segera bekerja dan mampu menyongsong tantangan dan tugas yang baru dengan mengikuti tren perkembangan situasi keamanan ketertiban masyarakat. Menurutnya, tantangan tugas yang dihadapi saat ini semakin kompleks di era globalisasi dan demokratisasi.

Hal ini pula yang mendorong masyarakat bersikap lebih kritis terhadap upaya penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM). Di sisi lain modus operandi kejahatan juga semakin beragam.

Dengan demikian kedekatan personel Polri dengan masyarakat yang selama ini terjalin harus ditingkatkan. Hal ini agar secara cepat masyarakat mampu mengidentifikasi masalah yang berkembang di lingkungannya sekaligus mengatasi masalah tersebut,

“Polri lebih berperan sebagai mitra nasyarakat dan menjadi fasilitator dalam mengatasi berbagai masalah kamtibmas sehingga setiap masalah bisa dicegah sebelum menjadi gangguan di masyarakat,” katanya.

Kapolres meminta seluruh jajaran Polres Sukoharjo bisa menjalankan tugas dengan transparan, bersahabat, dan bersikap mendidik, serta mampu berada di tengah masyarakat menjadi figur pengayom, pelindung dana pelayan masyarakat.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. “Sekali lagi kami ucapkan selamat datang bagi pejabat baru di Polres Sukoharjo. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas kinerja dan dedikasinya,” katanya.