Grande! Megahnya Lembu Sora, Patung Sapi Raksasa di Boyolali

Patung Lembu Sora (Instagram/dhian_hardjodisastro)
03 April 2019 03:10 WIB Chelin Indra Sushmita Boyolali Share :

Solopos.com, SOLO – Boyolali dikenal sebagai Kota Susu. Tak ayal, berbagai bangunan di Boyolali dihiasi dengan patung sapi. Bahkan, ada gedung yang dibangun menyerupai sapi raksasa. Bangunan itu disebut dengan nama Gedung Lembu Sora (Sapi Raksasa).

Gedung Lembu Sora merupakan salah satu ikon Kota Boyolali, Jawa Tengah. Patung sapi raksasa itu selesai dibangun pada pertengahan 2015. Patung ini berada di kompleks Terpadu Pemkab Boyolali. Gedung Lembo Suro berukuran 18x12x11 meter.

Jika dilihat sekilas, sapi raksasa itu terlihat layaknya patung sapi biasa. Namun, jika dilihat lebih dekat, patung tersebut sebenarnya berfungsi sebagai gedung pertemuan. Patung sapi ndhekem di taman Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali itu menjadi salah satu ikon selain Menara Jagung dan Patung Kuda di kawasan simpang siaga.

Keberadaan patung sapi Lembu Sora tersebut menjadi bahan perbincangan warganet berkat foto unggahan pemilik akun Instagram @dhian_hardjodisastro yang dibagikan ulang @jelajahsolo, Senin (1/4/2019).

"Boyolali yang maju cuma di kota. Yang di pinggiran, desa dan jala-jalannya enggak diperhatikan sama sekali oleh pemerintah daerah," komentar @12_son.

"Sapinya nggemesin deh," imbuh @daru_widi.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, patung sapi berukuran raksasa ini sering menjadi jujugan pengunjung di kawasan yang menjadi satu dengan Alun-Alun Kidul Boyolali tersebut. Mereka menjadikan patung sapi sebagai latar belakang swafoto.

Patung ini mengharap ke arah barat di halaman perkantoran terpadu Setda di Mojosongo, Boyolali. Umumnya, pengunjung mengambil foto menghadap ke timur agar memperoleh gambar wajah sapi. Namun, tak jarang pula pengunjung mengambil foto dari sisi timur atau dari halaman selatan Gedung DPRD. Dari halaman DPRD ini pengunjung hanya mendapat latar belakang punggung sapi dengan latar depan taman yang indah.

Sebelumnya taman DPRD ini tampak biasa saja. Namun, sejak 2017, Sekretariat DPRD (Setwan) mengubah taman menjadi lebih bagus. Taman itu dilengkapi tulisan tiga dimensi “Lembu Sora”, nama patung sapi ndhekem tersebut.