Maling Gasak Rokok Senilai Rp4 Juta di Toko Eromoko Wonogiri

Ilustrasi pencurian. (Solopos/Whisnu Paksa)
03 April 2019 14:40 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Maling yang menyamar sebagai pembeli menggasak rokok senilai lebih dari Rp4 juta di toko milik warga Dusun Pulo, Desa Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Wonogiri. Pelaku kini masih dalam pengejaran aparat Polres Wonogiri.

Awalnya maling itu datang ke toko ke toko Sempulur 1 di Dusun Pulo, Desa Puloharjo, Eromoko, itu dan menyamar sebagai pembeli, Senin (1/4/2019) sekitar pukul 10.48 WIB. Toko itu menjadi satu dengan rumah pemiliknya, Prihartoko, 46.

Pelaku datang berpura-pura membeli berbagai merek rokok kepada Prihartoko. Prihartoko, melalui karyawannya, mencatat semua pesanan pelaku ke dalam sebuah kertas berwarna cokelat.

“Kertas itu diserahkan kepada pelaku agar barang yang dibeli diambilkan karyawannya,” kata Paur Subbag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, kepada Solopos.com, Selasa (2/4/2019) malam.

Pesanan itu disiapkan salah satu karyawan toko bernama Ajar Suseno, 53. Ajar mengambilkan rokok sesuai catatan. Pelaku lantas memasukkan rokok-rokok itu ke dalam kardus.

Seusai membeli rokok, pelaku memesan minyak goreng kepada Ajar. “Ajar lalu pergi ke gudang hendak mengambilkan minyak goreng. Pada saat diambilkan minyak goreng itu lah, pelaku langsung pergi membawa rokok yang sudah dikemas,” imbuh dia.

Akibat pencurian itu, lanjut Iwan, Prihartoko mengalami kerugian senilai Rp4.172.000. Prihartoko lantas melaporkan kasus pencurian itu ke Polsek Eromoko agar diselidiki lebih lanjut.

“Kasus ini dalam penyelidikan Polres Wonogiri. Sebagai barang bukti polisi mengamankan selembar kertas cokelat berisi catatan belanja dan rekaman kamera CCTV,” urai Iwan.