Survei SBBI Sektor Perbankan, Ini Alasan Responden Pilih Merek Kartu Kredit

Para pemenang penghargaan merek terbaik SBBI-JBBI 2018 berfoto bersama di Hotel Alana, Colomadu, Karanganyar, Kamis (3/5 - 2018). (Solopos/Tika Sekar Arum)
04 April 2019 02:00 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Solo Best Brand Index Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2019 akan memberikan penghargaan kepada tujuh merek terbaik di tujuh kategori sektor perbankan. Satu di antaranya merupakan kategori baru yakni Kartu Bayar Digital. Untuk kategori Kartu Kredit, responden sangat mementingkan keamanan.

Hadirnya kategori baru ini sebagai respons atas perkembangan era digital di sektor perbankan. Penghargaan merek terbaik yang diprakarsai Harian Umum Solopos bersama Harian Jogja ini memberikan penghargaan untuk tujuh kategori, enam kategori di antaranya adalah kategori yang sudah masuk dalam SBBI-JBBI 2018. Enam kategori tersebut adalah Tabungan Bank, Bank Syariah, Tabungan Anak, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kartu Kredit, dan Internet Banking.

Ketua Divisi Survei SBBI-JBBI, Sholahuddin, mengatakan ada beberapa pertimbangan konsumen memilih kartu bayar digital. “Pertimbangan utama responden memilih kartu bayar digital adalah kartu mudah digunakan di berbagai tempat belanja. Pertimbangan lainnya adalah mudah untuk top up pembayaran online, faktor keamanan, program promo, dan satu paket dengan rekening bank sudah dimiliki,” jelas dia kepada Solopos.com, Selasa (2/4/2019).

Sholahuddin memaparkan dalam kategori Tabungan Bank yang disurvei adalah bank konvensional. Menurut dia, terdapat persaingan ketat antarmerek bank. Hal itu ditandai tidak ada merek yang memiliki indeks best brand menonjol dalam posisi lima besar.

“Artinya tidak ada merek yang menonjol dari berbagai merek yang disurvei. Satu hal yang menarik adalah peringkat pertama dan kedua ditempati oleh merek-merek rekening tabungan dari produk bank yang sama,” ujar dia.

Survei SBBI-JBBI 2019 menemukan pada kategori Tabungan Anak pertimbangan orang tua memilihkan tabungan untuk anak mereka adalah faktor keamanan dan kepercayaan nasabah terhadap kinerja bank. Pertimbangan lainnya, yakni persyaratan prosedur mudah, potongan administrasi bulanan sedikit, mesin ATM di berbagai cabang, dan suku bunga tinggi.

Pada kategori Kartu Kredit pertimbangan utama responden adalah tingkat keamanan. Atribut ini mengungguli atribut lainnya seperti promo potongan harga di berbagai retail belanja, kemudahan transaksi, kerja sama dengan banyak merchant, dan bunga cicilan rendah.

“Sedangkan pertimbangan utama responden dalam memilih Internet banking adalah kemudahan akses,” ujar dia.