Awal Bulan, Harga Bawang Naik, Daging Ayam Turun

Pedagang daging ayam, Hani, 40, melayani pembeli di Pasar Palur, Senin (1/4/2019). Harga ayam turun Rp2.000 sejak satu pekan terakhir. - Wahyu Prakoso
04 April 2019 18:42 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar Karanganyar mengalami kenaikan sejak satu pekan terakhir, Senin (1/4/2019). Sedangkan harga daging ayam turun Rp2.000/kg.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Palur, Paryanto, 58, mengatakan harga bawang merah dan harga bawang putih naik secara bertahap dalam satu pekan terakhir. Dia menjual bawang merah Rp35.000/kilogram (kg) pada pekan lalu dan menjual dengan harga Rp40.000/kg pada awal bulan ini. Sedangkan harga bawang putih yang semula dijual Rp40.000 per kilogram, kemarin siang dijual dengan harga Rp50.000 per kilogram.

“Saya engga tahu kenapa harga bawang merah dan bawang putih naik. Mungkin barangnya engga ada atau kirimannya telat. Saya tinggal di Tawangmangu, kalau di tampat saya banyak petani bawang yang tidak panen karena curah hujan tinggi,” kata Paryanto saat ditemui Solopos.com di lapaknya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Nglano, Siti Nur Samsyiah, 47, menjelaskan kenaikan harga bawang merah dan bawang putih secara bertahap selama satu pekan terakhir. Dia menjual bawang merah Rp25.000/kg pada pekan lalu dan Rp35.000/kg pada pekan ini. Sedangkan bawang putih ia jual Rp40.000/kg pada pekan sebelumnya, dan Rp45.000/kg pada pekan ini.

“Permintaan normal. Tetapi, ada pembeli yang biasa belinya setengah kilogram menjadi beli seperempat kilogram. Harga naiknya kok banyak banget, modal untuk stok barang juga lebih banyak. Kalau modal kurang engga bisa jualan bawang. Semoga harganya cepat turun,” kata dia kepada Solopos.com.

Pedagang sayuran lainnya, Luluk, 48, mengatakan, semenjak harga bawang merah dan bawang putih naik, dia memutuskan tidak berjualan komoditas tersebut karena membutuhkan modal yang besar dan peminatnya sedikit.

“Saya engga berani ambil mending modalnya untuk beli sayuran lain. Peminat bawang sedikit kalau harga naik. Stoknya engga cepat habis. Beda dengan cabai walaupun harga tingggi peminatnya masih banyak,” kata dia.

Di saat harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan. Harga daging ayam turun sejak pekan lalu. Berdasarkan pantauan Solopos.com harga ayam turun Rp2.000/kg.

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Palur, Hani, 40, mengatakan penurun harga ayam bertahap selama satu pekan terakhir. Dia menjual daging ayam Rp32.000/kg, dan sekarang Rp30.000/kg. “Turunnya engga langsung, bertahap Rp500 per hari. Biasanya menjelang Ramadan harga daging ayam naik. Ini malah turun, mengkin karena efek Pemilu,” kata dia kepada Solopos.com.

Pedagang daging ayam di Pasar Nglano, Ngatiyem, 57, yang sudah lebih dari 40 tahun berjualan daging ayam mengatakan biasanya harga daging ayam naik menjelang Ramadan. Namun saat ini justru turun.

“Harga ayam turun, pembelinya juga lesu. Hari ini saya hanya membawa 10 kg daging ayam. Saya jual Rp29.000/kg. Pekan lalu Rp31.000 sampai Rp32.000/kg,”kata dia.