500 Pelari Ramaikan KPU Run 2019 Solo Besok, Ini Rutenya

Foto udara aktivitas proyek revitalisasi Stadion Manahan, Solo, Selasa (15/1/2019). (Solopos - Burhan Aris Nugraha)
06 April 2019 12:40 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 500 pelari dari berbagai komunitas lari di Kota Solo, Jawa Tengah, akan meramaikan lomba lari bertajuk KPU Run 2019, Minggu (7/4/2019) pagi. Lomba lari cepat dengan rute sepanjang lima kilometer mengambil start dan finis di Kompleks Stadion Manahan Solo.

Penjelasan itu disampaikan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Bambang Christanto, Jumat (5/4/2019) sore.

Dia menjelaskan KPU Run 2019 merupakan bagian upaya menyosialisasikan agenda Pemilu 2019 kepada masyarakat Kota Bengawan.

“Kegiatan ini serentak di kabupaten/kota lain di Tanah Air. Untuk KPU Run 2019 Solo akan diikuti 500 peserta dari berbagai kelurahan di Solo. Baru dua jam pendaftaran dibuka langsung penuh,” tutur dia.

Bambang Christanto menjelaskan KPU Run 2019 dimulai pukul 05.30 WIB sampai selesai. Rute yang dilalui seperti Jl. Adi Sucipto, Jl. Menteri Supeno, Jl. R.M. Said, Jl. Tirtonadi, Jl. Merak VI, dan Jl. dr Setia Budi. Di sepanjang rute lari terdapat beberapa check point.

Peserta yang sudah mendaftar online diminta mendaftar ulang pada Sabtu (6/4/2019). Saat mendaftar ulang peserta harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Sebab salah satu syarat mengikuti lomba lari KPU Run 2019 Solo adalah warga Solo.

“Pendaftaran ulang dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Saat daftar ulang mereka akan dapat jersey dan nomor dada,” ujar dia.

Bambang menerangkan panitia lomba akan memantau para peserta lomba agar tidak ada pelari gelap yang ikut berlari. Selain untuk mengolahragakan masyarakat, lomba lari dimaksudkan untuk menyosialisasikan pesta demokrasi Pemilu 2019. Kegiatan tersebut serupa kegiatan lain KPU seperti KPU Go to School dan KPU Go to Campus.

Setelah peserta masuk finis, Bambang mengatakan akan ada banyak hiburan yang digelar seperti penampilan DJ Nunna.

“Lomba lari kami pilih sebagai bagian sosialisasi Pemilu 2019 karena di Solo ini banyak sekali komunitas dan penggemar lari. Setelah capai berlari lima kilometer, mereka kami sosialisasi agenda Pemilu 2019,” terang dia.

Juara I KPU Run 2019 akan mendapat hadiah tropi dan uang penghargaan Rp1 juta. Sedangkan juara II, III, dan IV, berturut-turut akan mendapat hadiah tropi dan uang Rp750.000, Rp500.000, dan Rp250.000. “Di panggung acara setelah peserta mencapai finis akan ada hiburan, sosialisasi dan pendidikan memilih Pemilu,” urai dia.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan pihaknya tidak akan melakukan penutupan jalur-jalur yang digunakan untuk lomba lari KPU Run 2019.

Tapi dia tetap mengerahkan tim untuk berjaga di jalur-jalur lari. “Tidak ditutup karena hanya sebentar,” kata dia.