Pasar Dhoplang Wonogiri, Surga Kuliner Jadul yang Haramkan Plastik

Pengunjung Pasar Dhoplang Wonogiri menyantap makanan jadul. (Instagram/fubuki_aida)
07 April 2019 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Wonogiri Share :

Solopos.com, SOLO – Pasar Dhoplang di Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Jawa Tengah, memiliki keunikan tersendiri. Pedagang yang menjual aneka kuliner tradisional Wonogiri diharamkan memakai plastik. Jadi, semua barang dagangan yang dijajakan di sana bebas dari plastik.

Pembeli yang keluar dari Pasar Dhoplang layaknya orang dari tempat hajatan. Sebab, mereka membawa makanan dengan kemasan daun jati seperti berkatan yang dibagikan seusai hajatan. Keunikan Pasar Dhoplang di Wonogiri diceritakan oleh pemilik akun Instagram @fubuki_aida, Jumat (5/4/2019).

Menurut pengguna akun @fubuki_aida, semua makanan di Pasar Dhoplang dibungkus daun. Bukan plastik seperti yang biasa terlihat di berbagai pasar lainnya. “Segera ke Pasar Dhoplang Wonogiri. Makanan tradisionalnya macam-macam. Dari Besengek, tiwul, cabuk, apa saja ada,” ungkap Fubuki Aida.

Menariknya lagi, semua orang di pasar itu berbicara dengan bahasa Jawa. Harga makanan yang dijual pun sangat terjangkau. Penjual dan pembeli bertransaksi dengan koin khusus dari kayu. “Kalau ke sini jangan lupa ngomong pakai bahasa Jawa. Jangan kaget kalau pulangnya kayak habis jagong, bawa berkat dibungkus daun jati. Sebab, di pasar ini tidak boleh pakai plastik. Semua makanan harus dibungkus daun,” sambung Fubuki Aida.

Kalau bayar jangan heran.harganya murah-murah. Bayarnya enggak pakai uang. Tapi, pakai duit-duitan dari kayu,” imbuhnya.

Ada berbagai kuliner tradisional yang dijajakan di Pasar Dhoplang, mulai dari besengek, tiwul, gronthol, putu mayang, pecel gendar, cabuk, sego bancakan, hingga wedang uwuh. Semua makanan itu bisa dinikmati langsung di tempat atau dibawa pulang dengan bungkus daun.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, omzet yang diperoleh masing-masing pedagang di Pasar Doplang Wonogiri bervariasi. Dalam sekali berjualan, pedagang bisa mengumpulkan uang mulai Rp90.000 hingga Rp700.000.