100.000 Pendukung Siap Banjiri Solo demi Kampanye Super Akbar Prabowo

Prabowo Subianto berorasi saat kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/4 - 2019). (Antara/Galih Pradipta)
09 April 2019 08:30 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO-Kubu capres cawapres nomor urut 02 akan menggelar kampanye terbuka super akbar di Stadion R. Maladi Sriwedari, Solo, Rabu (10/4/2019) pagi hingga sore hari.

Kampanye yang akam dihadiri langsung capres nomor urut 02, Prabowo Subianto tersebut diklaim panitia akan diikuti sekitar 100.000 orang dari berbagai wilayah di Jawa Tengah (Jateng). Walau tak ada instruksi khusus, massa pendukung capres nomor urut 02 diprediksi akan mengenakan dresscode putih seperti saat kampanye di tempat lain.

Penjelasan tersebut disampaikan Ketua Panitia Kampanye Super Akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Juliantono yang juga Juru Bicara (Jubir) Badan Pemenangan Nasional (BPN), saat menggelar jumpa pers di Sekretariat Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Senin (8/4/2019) sore.

"Awalnya perkiraan kami peserta kampanye antara 40.000 hingga 50.000 orang. Tapi saat ini data kami hampir mencapai 100.000 peserta," tutur dia.

Ferry menjelaskan kampanye akan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Kampanye dibuka dengan zikir, munajat akbar (doa bersama) hingga pukul 11.00 WIB. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan sederet artis papan atas Tanah Air seperti Nissa Sabyan, Sang Alang, dan Al Ghazali. Mereka akan mengisi acara hingga Prabowo tiba di Stadion Sriwedari sekitar pukul 13.00 WIB.

"Untuk perjalanan ke Solo Pak Prabowo bisa menggunakan helikopter dengan mendarat di Velodrome Stadion Manahan atau menggunakan pesawat komersial biasa," sambung Ferry.

Menurut dia sejumlah tokoh nasional akan hadir dalam kampanye super akbar di Stadion Sriwedari. Mereka seperti Amien Rais, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, dan Titiek Soeharto. Sedangkan untuk politikus Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum ada kepastian apakah akan hadir atau tidak. Panitia berharap AHY yang merupakan salah satu politikus yang digemari anak-anak muda, dapat turut hadir di Stadion Sriwedari.

"Karena banyaknya peserta yang akan tumplek blek di Stadion Sriwedari, ruas jalan sekitar stadion seperti Jl. Slamet Riyadi dan Jl Bhayangkara diprediksi akan dipenuhi para peserta. Terkait hal ini kami mohon maaf dan mohon pengertian warga Solo yang mungkin terganggu kenyamanannya," sambung Caleg DPR Dapil IV Jateng itu.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan parah di Solo, menurut Ferry pihaknya bekerja sama dengan kepolisian setempat. Polisi akan mengatur sirkulasi kendaraan agar arus lalu lintas tidak macet. Selain itu sudah ditetapkan panitia Kampanye Super Akbar mendapat tempat atau kantong parkir di kawasan Stadion Manahan Solo. Tempat itu diproyeksikan menjadi tempat parkir bus, mobil, maupun sepeda motor peserta kampanye super akbar.

"Kampanye super akbar bukan kampanye biasa. Kami ingin ini menjadi pestanya rakyat. Untuk itu akan disediakan makanan dan minuman gratis dari UKM Soloraya gratis," urai dia.