Hanya Sehari, KA Prameks Gratis Pada Sabtu 13 April

KA Prameks. (Solopos/Dok)
11 April 2019 20:15 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA lokal/komuter public service obligation (PSO) dan KA perintis khusus pada Sabtu (13/4/2019) mendatang.

Promo KA gratis ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan di lingkup PT KAI Daops VI Yogyakarta, KA lokal yang gratis sehari ini adalah KA Prambanan Ekspres (Prameks), KA Batara Kresna, dan KA Kalijaga.

Ia menggarisbawahi masyarakat bisa mendapatkan tiket KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H). “Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal 1 tiket kecuali membawa anak usia di bawah 10 tahun dan penumpang lansia. Kuota tiket gratis ini sesuai toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Eko menambahkan penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari setelah kedatangan KA. Namun demikian, meski tarif tiket Rp0 PT KAI tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan.

Di lingkup PT KAI Daops VI, KA perintis ada KA Batara Kresna relasi Solo-Wonogiri pulang pergi (PP). Sementara KA PSO ada Prameks dengan tiga relasi, yakni Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta-Solo Balapan (PP), dan Kutoarjo-Solo Balapan (PP) serta KA Kalijaga relasi Solo Balapan-Semarang PP.

“Kami mohon maaf jika nanti ada penumpang yang tidak bisa terangkut. Hal ini karena kapasitas angkut KA lokal di Daops VI tetap dibatasi sesuai aturan demi keselamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, melalui pernyataan resmi mengatakan layanan ini untuk menyambut momentum HUT ke-21 BUMN, yakni dengan memberikan promo tiket Rp0. Menurutnya, hal ini merupakan kontribusi PT KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri.

Tiket Rp0 ini untuk total sebanyak 28 KA. Ini terdiri dari sebanyak 6 KA perintis dan 22 KA lokal PSO. “Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin,” jelasnya.