Solopos Hari Ini: KPU dan Bawaslu Mengusut ke Malaysia

Harian Umum Solopos edisi Jumat (12/4 - 2019).
12 April 2019 11:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertolak ke Malaysia untuk mengusut keaslian surat suara Pemilu 2019 yang tercoblos di Selangor, Malaysia. Dua komisioner KPU yang berangkat ke Malaysia adalah Hasyim Asy’ari dan Ilham Saputra.

Mereka akan didampingi komisioner Bawaslu. "Surat suara itu belum jelas produksi KPU atau bukan, gudang itu punya KPU atau bukan, kalau kita belum jelas, tiba-tiba berandaiandai itu kan tidak bisa," kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Kabar mengenai perkembangan adanya surat suara tercoblos di Malaysia itu menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (12/4/2019). Berita tersebut bisa dibaca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga terdapat kabar duka dari dunia keroncong. Penyanyi kawakan, Mus Mulyadi, meninggal dunia di usia 73 tahun.

Penyanyi Sugih Cengkok Itu Kini Tiada

Meninggalnya legenda keroncong asal Surabaya, Mus Mulyadi, 73, menyisakan kesedihan bagi musikus Tanah Air. Termasuk beberapa seniman Solo yang pernah bersinggungan langsung dengan penyanyi Rek Ayo Rek ini.

Sang ratu keroncong asal Solo, Waldjinah, 74, sedikit berkaca-kaca saat menyampaikan perasaan sedih mendengar kabar duka tersebut. Ia diberi tahu soal meninggalnya sahabat karibnya itu, Kamis (11/4/2019) pagi, oleh anaknya.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar terbaru tentang pose jari Bupati Sragen yang dilaporkan ke Bawaslu. Ada pula kabar tentang pemindahan Balai Desa Gombang di Boyolali yang diiringi dengan kirab budaya.

Bupati Sebut Pose Jarinya "Refleks"

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menghadiri panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen untuk dimintai klarifikasi di Kantor Bawaslu Sragen, Kamis (11/4/2019) pagi. Bupati dimintai keterangan terkait dengan posenya mengacungkan satu jari telunjuk dalam momentum foto bersama saat sosialisasi pengawasan pemilu lewat media wayang kulit di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, 30 Maret 2019 lalu.

Yuni, sapaan Bupati, datang pada pukul 08.15 WIB dan disambut Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetya bersama dua komisioner lainnya, yakni Widodo dan Edy Suprapto. Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sragen, Widodo, memberi 16 pertanyaan kepada Bupati.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Kirab Budaya Tandai Boyongan Kantor Balai Desa Gombang

Warga Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Boyolali, berdiri berjajar di pinggir jalan utama desa, Kamis (11/4/2019). Mereka menunggu barisan kirab budaya yang diadakan pemerintah desa setempat untuk menandai pemindahan kantor balai desa lama ke kantor balai desa baru.

Sekitar pukul 13.00 WIB, barisan kirab di depan balai desa lama mulai bergerak menyusuri jalan menuju kantor balai desa baru yang berjarak sekitar 300 meter ke arah utara. Warga yang membawa ponsel pun mulai menyiapkan aplikasi kamera untuk mengabadikan momen itu.

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.