Ikut Jaga Pemilu, Linmas Sragen Dapat Donasi 351 Pasang Sepatu

Para anggota Polres Sragen mengumpulkan sepatu untuk didonasikan kepada petugas linmas di halaman Mapolres Sragen, Jumat (12/4/2019). (Solopos - Moh. Khodiq Duhri)
12 April 2019 22:15 WIB Moh Khodiq Duhri Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Polres Sragen mendonasikan 351 pasang sepatu yang menjadi bagian dari pakaian dinas harian (PDH) maupun pakaian dinas lapangan (PDL) anggota polri kepada petugas perlindungan masyarakat (linmas).

Sepatu itu diharapkan bisa dipakai anggota linmas saat bertugas membantu Polri dan TNI mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. Ke-351 pasang sepatu itu merupakan bantuan dari anggota Polres Sragen.

Pemberian sepatu untuk petugas linmas itu merupakan inisiatif Polres Sragen. Polres menganggap linmas punya peran besar dalam membantu Polri mengamankan jalannya pemilu. Tapi banyak di antara mereka yang sepatunya sudah rusak karena dipakai bertahun-tahun.

"Ada yang sudah jebol sehingga kurang layak pakai. Oleh sebab itu, kami berinisiatif meminta anggota untuk memberikan sepatu mereka yang sudah tidak terpakai di rumah. Ternyata, anggota menyambut positif. Mereka dengan ikhlas mau memberikan sepatu mereka kepada linmas,” terang Wakapolres Sragen Kompol Saprodin saat ditemui wartawan di Mapolres Sragen, Jumat (12/4/2019).

Saprodin menjelaskan sepatu yang didonasikan kepada petugas linmas itu rata-rata dalam kondisi 90% baik. Dengan begitu, sepatu itu bisa langsung dipakai petugas linmas saat bertugas membantu mengamankan jalannya Pemilu 2019.

Ke-351 pasang sepatu itu selanjutnya diserahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen. “Teknisnya, sepatu itu biar dibagikan Satpol PP yang menaungi petugas linmas di Sragen. Semua sepatu sudah kami kemas dalam plastik. Di kemasan plastik itu sudah ada ukuran sepatu untuk memudahkan petugas linmas memilih sesuai ukuran kaki,” papar Saprodin.

Kepala Satpol PP Sragen, Heru Martono, mengatakan jumlah petugas linmas saat ini ada sekitar 6.000 orang. Di Sragen, terdapat 3.370 tempat pemungutan suara (TPS) yang akan diamankan linmas.

Menurut Heru, tiap TPS nantinya akan dijaga dua petugas linmas. Sisanya akan disiagakan mendampingi panitia pemungutan suara (PPS) di tiap kelurahan atau desa. Heru menyambut dengan baik bantuan 351 pasang sepatu dari Polres Sragen untuk para petugas linmas ini.

“Memang benar kondisi sepatu dari para linmas ini sudah banyak yang rusak. Jadi, bantuan sepatu ini sangat membantu kinerja dari linmas dalam mengamankan pemilu,” ucap Heru.