Coblosan Pemilu, Layanan Pembuatan SIM Satlantas Solo Libur 4 Hari

Layanan pembuatan - perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). (Bisnis/Dwi Prasetya)
14 April 2019 15:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Layanan pembuatan maupun perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Solo diliburkan selama empat hari mulai Rabu (17/4/2019) hingga Sabtu (20/4/2019).

Hal itu terkait pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polresta Solo, AKP Rikha Zulkarnaen, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (14/4/2019), mengatakan sesuai instruksi Mabes Polri, proses penerbitan maupun perpanjangan SIM diliburkan terkait pemilu.

“Masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal tersebut tidak perlu khawatir. Nantinya, akan diberikan waktu pengganti pada 22-27 April untuk mengurus kembali perpanjangan SIM tersebut. Petugas saat ini fokus pada Pemilu terlebih dahulu,” ujarnya.

Menurutnya, SIM yang habis masa berlakunya hanya sesuai waktu yang ditentukan saja yang diberikan masa tenggang. Hal itu sudah terprogram dari Mabes Polri sehingga masyarakat tidak perlu cemas karena telah diberikan waktu lain.

Selain waktu yang ditentukan, SIM yang masa berlakunya telah habis namun tidak mengurus perpanjangan masa berlaku SIM tersebut tidak berlaku sehingga harus membuat baru lagi.

Rikha mengatakan yang diliburkan tak hanya yang di Kantor Satlantas tapi juga layanan SIM keliling. Saat ini mobil pelayanan SIM sedang menjalani perawatan berkala. Jumlah mobil pelayanan yang hanya satu membuat pelayanan dihentikan untuk beberapa waktu.

Perawatan diperkirakan butuh waktu satu bulan. Sejak mobil pelayanan SIM keliling dioperasionalkan, mobil tersebut belum pernah diservis sehingga peremajaan secara menyeluruh. Menurutnya, mobil pelayanan SIM itu melayani perpanjangan masa berlaku SIM setiap hari bahkan dalam situasi tertentu layanan buka hingga malam hari.