UTBK Gelombang I Mulai Digelar, Para Peserta dari Solo Bilang Soalnya Sulit

Ilustrasi ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
15 April 2019 16:00 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peserta yang mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 Gelombang I di Slo mengeluhkan soal-soal ujian yang sulit.

Beberapa tipe soal belum pernah ditampilkan di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hal tersebut dikatakan salah seorang peserta UTBK asal SMAN 1 Karanganyar, Duhriana Eka. Ia mengaku hanya bisa menjawab 50% dari seluruh soal. “Soal UTBK susah. Saya setiap hari latihan untuk mengerjakan soal UTBK, tapi latihan itu tidak cukup,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Minggu (14/4/2019).

Tes UTBK merupakan metode tes yang akan digunakan dalam SBMPTN 2019. SBMPTN merupakan tes tertulis dengan peminat paling banyak dibanding jalur lain. Selain persaingan cukup ketat, tingkat kesulitan soal juga dianggap menjadi tantangan bagi pesertanya. “Saya takut tidak lolos tes UTBK. Saya hanya bisa mengerjakan separuh dari seluruh soal yang diujikan. Bahkan ada soal yang tidak saya jawab karena tidak bisa mengerjakannya,” ujar dia.

Hal senada disampaikan siswa SMA Muhammadiyah PK Kartasura, Bagus Candra. Ia memilih jurusan Teknik Informatika UNS. Bagus Candra mengeluhkan sulitnya soal UTBK. “Lumayan sulit, bisa dibilang sulit, bisa dibilang tidak. Tapi lebih sulit ini dibanding latihan soal UTBK. Hanya jawab 50 persen, Tes Potensi Akademik [TPA] lumayan menantang,” ujar dia.

Walaupun sudah sering latihan dan ikut bimbel (bimbingan belajar), soal UTBK tidak mudah untuk dikerjakan. “Selama dua bulan sebelum UTBK saya mengikuti bimbel demi persiapan SBMPTN. Walaupun sudah sering latihan, nyatanya masih kesulitan mengerjakan soal UTBK. Kalau TPA karena aku agak lemah di gambar-gambar. Yang lain sebenarnya tidak masalah sebenarnya,” ujar dia.

Kepala Subbagian Hukum dan Tata Laksana ISI Solo, Esha Karwinarno, mengatakan pelaksanaan UTBK secara keseluruhan pada hari pertama berjalan lancar. Ada beberapa tim pemantau pelaksanaan UTBK. ”Hari pertama pelaksanaan UTBK lancar. Semoga seterusnya juga berjalan lancar,” ujar dia.

Sebelum tes UTBK, peserta dapat mengunduh contoh soal UTBK melalui laman resmi LTMPT. “LTMPT sudah memberikan contoh soal UTBK. Jadi bisa diunduh di Riwayat UTBK. Seharusnya peserta mempunyai persiapan yang lebih matang,” ujarnya.