Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Kini Punya Taman Bunga

Kepala UPTD Pengelola Wisata Wonogiri, Pardiyanto (kanan), mengawasi pekerja yang sedang beraktivitas di Taman Bunga Celosia Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (14/4/2019). - Rudi Hartono
15 April 2019 12:30 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri akan memiliki wahana baru, yakni Taman Bunga Selosia. Wahana tersebut akan dibuka untuk pengunjung pada momen libur Lebaran, Juni mendatang.

Pengerjaan proyek taman bunga dimulai dua pekan lalu. Hingga Minggu (14/4/2019), progresnya telah mencapai 50 persen. Taman bunga ini berada di selatan plakat nama OW Waduk Gajah Mungkur atau dekat lapangan. Taman tersebut sudah diberi pagar dan sudah terdapat ratusan batang bunga berbagai jenis, didominasi celosia.

Kepala UPTD Pengelola Wisata Wonogiri, Pardiyanto, saat ditemui Espos di kantornya di kompleks Wisata WGM, mengatakan taman bunga dibangun di lahan bekas lapak pedagang. Lahan berukuran lebih kurang 8 meter x 100 meter dan akan mampu menampung lebih kurang 2.500 batang bunga. Sejauh ini sudah ada 600 batang tanaman bunga. Tanaman bunga yang akan ditanam meliputi celosia, seribu bintang, matahari, kertas, dan lainnya.

“Nanti taman dilengkapi payung-payung gantung berbagai warna dan sejumlah permainan anak. Ini akan menjadi tempat berfoto yang bagus sekali karena taman ini berlatar belakang waduk. Itu yang bikin spesial dibanding taman bunga di tempat lain,” kata Pardiyanto.

Pengelola belum resmi membuka taman bunga itu untuk pengunjung. Namun, jika ada yang ingin berfoto di taman, pengelola mempersilakannya tanpa memungut biaya. Pengelola akan menetapkan tarif masuk Rp5.000/orang begitu wahana resmi dibuka. Pardiyanto memperkirakan taman bunga bisa dikunjungi pada momen Lebaran mendatang. Saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman tanaman bunga.

“Tanaman bunga ini perkembangan cepat sekali. Beberapa bulan ke depan tanaman akan tinggi-tinggi, jadi nanti bunganya terlihat lebih bagus daripada yang sekarang. Pokoknya nanti indah, bunganya berwarna-warni,” imbuh Pardiyanto.

Dia melanjutkan taman bunga merupakan wahana baru ketiga yang dimiliki Wisata WGM pada tahun ini. Sebelumnya pengelola membuka wahana permainan ATV atau kendaraan berbagai medan dan sepeda gantung. Tiket wahana permainan ATV senilai Rp20.000/trip, sedangkan tiket sepeda gantung Rp10.000/orang.

Pengunjung Wisata WGM asal Bulakrejo, Kabupaten Sukoharjo, Adi dan istrinya, menyambut baik dibangunnya taman bunga. Menurut mereka belum banyak daerah di Soloraya yang memiliki taman bunga. Taman bunga di Wisata WGM dapat menjadi pilihan warga untuk dijadikan tempat berfoto. “Bunganya bagus-bagus, warnanya cerah. Kalau nanti bunganya lebih banyak lagi pasti akan lebih bagus,” kata Adi seusai mengamati taman.