Solopos Hari Ini: Memilih dengan Riang Gembira

Harian Umum Solopos edisi Selasa (16/4 - 2019).
16 April 2019 10:30 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Indonesia akan mencetak sejarah untuk kali pertama menggelar pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif secara bersamaan, Rabu (17/4).

Pesta demokrasi lima tahunan itu harus disambut dengan suka cita. Polri dan TNI menjamin keamanan pemilih saat menggunakan hak pilih mereka di tempat pemungutan suara (TPS).

Kabar mengenai pemungutan suara Pemilu 2019 menjadi sorotan utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (16/4/2019). Ulasan tersebut bisa disimak secara lengkap di E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini terdapat ulasan mengenai tingginya partisipasi WNI di luar negeri untuk mencoblos. Namun sayangnya, hal itu tak diimbangi dengan kesiapan penyelenggara.

Pecah Rekor tapi Banyak Catatan

Tingginya partisipasi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri untuk menggunakan hak pilih mereka tidak diimbangi dengan kesiapan penyelenggara pemilu. Lonjakan partisipasi pemilih terjadi hampir di semua tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).

Sebagian warga bahkan tidak bisa menggunakan hak pilih mereka karena surat suara habis atau TPSLN sudah tutup. Kasus ini terjadi di Sydney, Australia, dan Hong Kong.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai Apindo Solo yang mengimbau para pelaku usaha untuk meliburkan karyawan saat pemungutan suara Pemilu 2019. Ada pula berita tentang pendidikan kesetaraan Paket C di halaman Soloraya.

Apindo: Liburkan Karyawan

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Solo mengimbau setiap pengusaha untuk meliburkan karyawannya di hari pemungutan suara Pemilu, Rabu (17/4/2019) esok. Sekretaris Apindo Solo, Wahyu Haryanto, mengatakan belum lama ini Pemkot Solo telah memberikan Surat Edaran tentang Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh Pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2019.

"Surat dari instansi pemerintah kan memberitahukan saat pencoblosan merupakan hari libur untuk pekerja. Untuk itu Apindo sudah meneruskan surat tersebut kepada anggota," kata dia kepada Espos, Senin (15/4/2019).

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Harapan Mendapatkan Ijazah Setara SMA

Jarum jam menunjukkan pukul 10.00 WIB. Seorang peserta yang mengikuti pendidikan kesetaraan melalui Kelompok Belajar (Kejar) Paket C atau setara SMA akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Deviana Eka, 19, berlarian dari gerbang SMPN 4 Solo menuju ruang laboratorium komputer untuk mengikuti UNBK.

Laboratorium itu di lantai III. Devi, panggilan akrabnya memasukin laboratorium komputer sekolah itu. Pengawas datang membawa lembaran kertas yang berisi presensi siswa yang mengikuti UNBK.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.