Keluarga Jokowi Terdaftar di DPT Kelurahan Manahan Solo

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
16 April 2019 14:15 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah keluarga calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) terdaftar sebagai pemilih Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 038 Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo.

Di antaranya Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo. Selain Sudjiatmi, di DPT TPS 038 Manahan ada nama Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep. 

“Ini yang masuk di DPT kami ada nama Bu Sudjiatmi, Gibran, Selvi, dan Kaesang. Kalau Kahiyang tidak ada karena setahu saya dia sudah pindah keluar Solo, ikut suaminya. Nama Pak Jokowi dan Bu Iriana juga tidak terdaftar di sini,” tutur Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Manahan, Ani Sulistyowati, Senin (15/4/2019).

Ani menjelaskan TPS 038 Manahan berada di wilayah RT 004/RW 013, tepatnya di belakang Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Manahan. Jumlah pemilih Pemilu 2019 di Kelurahan Manahan tercatat 7.824 orang.

Mereka akan menyalurkan suara di 38 TPS yang segera dibuat oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Saat Pilgub Bu Iriana datang di TPS 038. Tapi saya tidak tahu dia nyoblos atau hanya menemani anaknya,” ujar dia.

Disinggung surat undangan untuk memilih, Ani menyatakan sedang dalam proses pendistribusian. Bila ada surat undangan yang tidak terdistribusi akan dikembalikan kepada PPS Manahan pada Selasa (16/4/2018).

Penuturan senada disampaikan Ketua PPS Manahan, Suherman, Senin. Menurut dia persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 terus berjalan. Ihwal pembuatan TPS menurut dia kemungkinan baru dilakukan Senin malam atau Selasa.

Dana untuk itu baru dicairkan pada Sabtu (13/4/2019) lalu. “Pembuatan TPS mungkin ini baru persiapan sebab dananya baru kami dapat hari Sabtu kemarin. Hari ini [Senin] mau kami bagikan kepada seluruh KPPS,” dia menerangkan.

Sedangkan untuk pengamanan Pemilu 2019 di TPS 038 Manahan, menurut Suherman, akan dilakukan tim gabungan. Ketua PPS Sumber, Sigit Wibowo, saat dihubungi Solopos.com mengatakan selama ini Jokowi dan Iriana tak masuk di DPT Sumber. 

“Biasanya di Manahan. Tapi sekarang di mana tidak tahu,” urai dia.

Sigit menduga Jokowi dan Iriana sudah tercatat sebagai pemilih di DKI Jakarta. “Untuk keluarga Pak Jokowi masih tercatat sebagai pemilih di Manahan. Yang masuk di DPT Sumber hanya Pak Arif, salah satu keluarga Pak Jokowi,” imbuh dia.