Sejumlah TPS Di Boyolali Kekurangan Surat Suara, Ini Perinciannya

Bupati Boyolali Seno Samodro mencoblos di TPS 11 Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali, Rabu (17/4/2019). (Solopos - Akhmad Ludiyanto)
18 April 2019 08:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di Wonogiri kekurangan surat suara saat pencoblosan, Rabu (17/4/29019). KPU langsung menginstruksikan agar kekurangan surat suara tersebut dipenuhi dari TPS terdekat.

Kekurangan surat suara itu diperkirakan mencapai ratusan hingga ribuan lembar dan terdiri atas berbagai jenis mulai dari pilpres, pemilu DPD, DPR, DPRD provinsi, hingga DPRD kabupaten.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bawaslu Boyolali, kekurangan itu terjadi di TPS di wilayah Boyolali Kota, Wonosegoro, Banyudono, Tamansari, Karanggede, Cepogo dan Selo.

Anggota Bawaslu Boyolali Rubiyanto mengatakan kekurangan tersebut dilaporkan sejak masing-masing KPPS membuka kotak logistik. “Ada kekurangan surat suara di sejumlah wilayah yang jumlahnya bervariasi di masing-masing TPS. Kemungkinan penyebab kekurangan ini adalah kurangnya ketelitian petugas saat memasukkan surat suara. Kami sudah meminta KPU memenuhi kekurangan tersebut,” ujarnya melalui telepon.

Sementara itu, salah satu TPS yang kekurangan surat suara cukup banyak di Kecamatan Boyolali Kota adalah TPS 14 Desa Penggung. Di TPS yang menampung 234 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) terdapat kekurangan 100 lembar surat suara DPRD Boyolali.

Ketua KPPS setempat Heny Sulistyowati mengatakan kekurangan ini diketahui saat KPPS membuka kotak logistik. “Waktu kotak kami buka dan kami hitung ternyata surat suara DPRD Boyolali kurang 100,” ujarnya saat ditemui di TPS tersebut.

Menurutnya, saat itu secara kebetulan ada petugas PPS Desa Penggung yang sedang melakukan pemantauan sehingga kekurangan langsung disampaikan dan ditangani. “Pas ada petugas PPS di sini lalu kami sampaikan. Setelah dia berkoordinasi dengan PPS di balai desa, beberapa saat kemudian kekurangan sudah diantar sehingga tidak ada pemilih yang harus menunggu,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin mengakui adanya kekurangan surat suara tersebut. “Jumlahnya bervariasi tapi totalnya kami belum tahu. Tapi sudah kami perintahkan agar kekurangan ini diambilkan dari surat suara dari TPS terdekat yang tidak terpakai karena ada pemilih yang tidak memenuhi syarat dan sampai siang ini semuanya sudah berjalan lancar,” ujarnya.

Kekurangan surat suara pemilu di Boyolali
- Mojosongo: 121 lembar
- Boyolali Kota: 979 lembar
- Banyudono: 107 lembar
- Tamansari: 21 lembar
- Karanggede: sekitar 100 lembar
- Cepogo: sekitar 50 lembar
- Selo: sekitar 125 lembar

Sumber : Bawaslu Boyolali