Di TPS Seno Samodro, Pemilih Disuguhi Soto Boyolali

Sebagian warga di TPS 11 Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali, menikmati sajian soto khas Boyolali di sela-sela acara coblosan pemilu serentak, Rabu (17 - 4)
18 April 2019 06:00 WIB Akhmad Ludiyanto/Chelin Indra Sushmita Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALIProses pemungutan hingga penghitungan suara di setiap TPS pada pemilu 2019, dimulai sejak Rabu (17/4/2019), pagi. Kegiatan ini selesai jelas menguras tenaga para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas lainnya.

Tak heran, jika disediakan makanan dan minuman untuk menyuplai energi para petugas KPPS di TPS. Seperti di TPS 11 Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali. Bukan hanya petugas yang dapat makan dan minum, pemilih juga mendapat jamuan serupa berupa soto khas Boyolali.

TPS yang berlokasi di garasi milik tokoh masyarakat Boyolali, Seno Kusumoharjo, menjamu warga dengan baik. Warga yang datang ke TPS dipersilakan menikmati hidangan yang disajikan sebelum atau sesudah mencoblos di pemilu 2019.

Adapun makanan yang disajikan berupa soto khas Boyolali dengan sejumlah hidangan pelengkap, yakni tempe goreng, jerohan sapi, dan the hangat. Makanan itu disajikan di dalam mangkuk yang bebas diambil oleh warga setempat.

Ketua KPPS setempat, Jumadi, mengatakan, makanan itu sengaja disediakan oleh masyarakat bagi pemilih dan siapa saja yang mau. “Kebetulan warga sini antusias sekali dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga mereka dengan suka rela memberikan sumbangan untuk menyediakan makanan,” ujarnya di sela-sela pemungutan suara kepada Solopos.com.

Sejumlah orang menikmati soto yang disajikan sembari mengobrol dengan warga lainnya. Namun, ada juga yang memilih segera meninggalkan TPS seusai mencoblos tanpa menikmati kelezatan soto tersebut. Seperti Bupati Boyolali, Seno Samodro, yang ikut menggunakan hak pilih di TPS tersebut.

Orang nomor satu di Boyolali itu tidak ikut menikmati soto bersama warga setempat. Dia segera meninggalkan TPS karena harus berkeliling ke tempat lain. “Saya mau keliling dulu. Monggo silakan dinikmati,” ujarnya sesaat setelah nyoblos sembari masuk ke dalam mobilnya.