Tambah 5 Wakil, PDIP Klaim Kuasai 60% Kursi DPRD Solo

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
19 April 2019 07:15 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo memperkirakan bisa menambah lima kursi di DPRD Kota Solo untuk periode 2019-2024. Hal berdasarkan hasil penghitungan internal perolehan suara sementara di tiap daerah pemilihan (dapil).

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Teguh Prakosa, mengatakan pada Pemilu 2014 lalu, partai berlambang banteng moncong putih itu bisa menempatkan wakilnya di 24 kursi dari total 45 kursi.

Pada Pemilu 2019 ini, jumlah kursi yang akan didapat PDIP mencapai 29 kursi atau bertambah lima kursi. Penyebabnya, perolehan suara di setiap daerah pemilihan (dapil) naik signifikan.

“Saya sudah menelepon semua caleg [calon anggota legislatif]. Dapil V (Jebres) berhasil menambah 10.000-an suara dibanding periode sebelumya. Jumlah itu bisa menambah dua sampai tiga kursi. Data lengkap belum bisa kami rilis karena masih proses rekapitulasi,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di Kantor DPC PDIP Solo, Kamis (18/4/2019).

Teguh mengatakan pada Pemilu 2014, PDIP menempatkan enam wakilnya masing-masing di Dapil V (Jebres) dan Dapil I (Pasar Kliwon-Serengan). Selain itu, empat wakil masing-masing di Dapil III (Banjarsari A), Dapil IV (Banjarsari B), dan Dapil II (Laweyan).

“Di Banjarsari, petahana agak kendor, itu bisa menambah kursi kalau suara PDIP terus meningkat dan partai lain turun atau tetap. Jebres mungkin tambah 2-3 kursi, kemudian merata masing-masing tambah satu kursi di dapil lain, kecuali Laweyan yang bertahan. Kalau dijumlah bisa 28-29 legislator PDIP akan menempati kursi di Karangasem,” papar Teguh.

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku memiliki perhitungan serupa. Rudy, sapaan akrabnya, memperkirakan mampu menguasai 60 persen kursi DPRD. Dengan begitu, Wali Kota Solo itu yakin pembangunan yang dilakukan Pemkot dapat berjalan lancar tanpa konflik dengan legislatif.

Sebagai informasi, sebanyak 40 dari total 45 anggota DPRD Kota Solo periode 2014-2019 kembali maju sebagai calon legislator dalam Pemilu 2019. Total ada 467 calon legislator yang bertarung di lima dapil di Kota Bengawan.