PDIP Sapu 30 Kursi DPRD Solo, Demokrat-Hanura-PPP Kandas

Kantor DPRD Solo di Jl. Adisucipto, Laweyan, Solo. (Solopos/Dok)
19 April 2019 20:35 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- PDIP menunjukkan dominasi yang kian kuat di Kota Solo dengan meraup 30 kursi di DPRD Solo. Seiring dengan itu, tiga partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 lainnya yaitu Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PPP, diprediksi kehilangan kursi di parlemen lokal.

Prediksi itu mendasarkan perhitungan real count Pemilu 2019 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo. Perhitungan PKS dilakukan merujuk data dari 1.640 tempat pemungutan suara (TPS) atau 94,63 persen dari total suara yang masuk, Jumat (19/4/2019).

Terpentalnya Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PPP, dari DPRD Solo cukup mengejutkan, khususnya partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Pada Pemilu 2014, Demokrat mendapatkan tiga kursi dan membentuk Fraksi Demokrat Nurani Rakyat bersama Hanura yang hanya memperoleh 1 kursi. Sedangkan PPP pada 2014 mendapatkan 1 kursi dan bergabung dalam Fraksi Indonesia Raya bersama Partai Gerindra.

Dari penghitungan tersebut PDIP berhasil mempertahankan dominasinya di parlemen dengan memborong 30 kursi DPRD kota. Dengan jumlah itu PDIP sukses menguasai sekitar 66,6 persen dari total kursi di DPRD Solo.

Bila dibandingkan perolehan kursi saat Pemilu Legislatif 2019, perolehan kursi PDIP Solo dari Pemilu 2019 bertambah enam kursi. Di posisi kedua dan ketiga, ada PKS dengan lima kursi dan Partai Gerindra dengan tiga kursi DPRD. Perolehan kursi dua partai itu tidak berubah bila dibandingkan dengan perolehan kursi mereka saat Pemilu Legislatif 2014.

Angka 30 kursi ini agak berbeda dari hasil penghitungan kubu PDIP sendiri. Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Teguh Prakosa, mengatakan jumlah kursi yang akan didapat PDIP mencapai 29 kursi atau bertambah lima kursi. Penyebabnya, perolehan suara di setiap daerah pemilihan (dapil) naik signifikan.

“Saya sudah menelepon semua caleg [calon anggota legislatif]. Dapil V (Jebres) berhasil menambah 10.000-an suara dibanding periode sebelumya. Jumlah itu bisa menambah dua sampai tiga kursi. Data lengkap belum bisa kami rilis karena masih proses rekapitulasi,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di Kantor DPC PDIP Solo, Kamis (18/4/2019).