Siap-Siap! Gigi Bakal Konser di Wonogiri, Catat Tanggalnya

Gigi band menghibur penonton dalam perayaan pergantian tahun 2018/2019 di Alun-Alun Kidul Boyolali, Selasa-Rabu (31/12-1 - 1) dengan konser Gigi Reunion bertitel Indonesia Damai. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)
19 April 2019 08:15 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Grup band papan atas Gigi dijadwalkan menggelar konser di Wonogiri, Sabtu (4/5/2019) malam. Konser itu menjadi bagian dalam peringatan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Wonogiri.

Kepala Bagian Humas Setda Wonogiri, Haryanto, mengatakan konser Gigi merupakan puncak acara pasar rakyat pada peringatan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Wonogiri. Konser digelar di alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri.

Dalam konser itu Gigi akan tampil selama satu hingga 1,5 jam. “Sebelum pentas, akan ada dua pertunjukan band pembuka dari band lokal,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Kamis (18/4/2019).

Ia menjelaskan pasar rakyat akan digelar alun-alun selama lima hari yakni Selasa-Sabtu (30/4-4/5/2019). Setiap malam akan ada hiburan di alun-alun berupa pentas campursari pada 30 April, pentas reog pada 1 Mei, pentas hadrah, nasyid, dan lainnya pada 2 Mei, dan pertunjukan band pelajar pada 3 Mei.

“Konser Gigi ini menjadi puncak acara pasar rakyat itu,” ujar dia.

Dalam pasar rakyat, lanjut Haryanto, Pemkab Wonogiri menyediakan voucher senilai Rp10.000 sebanyak 1.000 lembar per hari. Voucher itu akan diberikan selama empat hari yakni pada 30 April-3 Mei. Artinya, total ada 4.000 voucher.

Warga bisa mengambil voucher itu di stan khusus yang disediakan. Voucher dapat dipakai untuk membeli jajanan di pedagang-pedagang pasar rakyat sekitar alun-alun.

“Pedagang yang melayani konsumen menggunakan voucher adalah pedagang bertanda khusus seperti memakai ID card. Acara seperti ini digelar untuk mempromosikan PKL. Setidaknya ada perputaran uang Rp40 juta selama acara,” harap dia.

Haryanto menuturkan pasar rakyat digelar lebih awal dari jatuhnya peringatan hari jadi ke-278 yang biasa diperingati setiap 19 Mei. Hal itu ditempuh agar acara nanti tidak mengganggu ibadah Ramadan di malam hari.

“Acara kami majukan sebab hari jadi Kabupaten Wonogiri yang diperingati setiap 19 Mei bertepatan dengan Ramadan."

Setelah pasar rakyat, Pemkab kembali menggelar kegiatan bertema islami yakni dua pengajian akbar meliputi pengajian dengan penceramah Habib Syech di kawasan kota Wonogiri dan Cak Nun di Pracimantoro. Kedua kegiatan itu akan digelar pada Syawal atau setelah Ramadan.