Kesan Pemilih Pemula di Soloraya, Bangga dan Berharap Pemenang Hormati yang Kalah

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
20 April 2019 03:00 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Bagi para pemilih pemula yang berstatus pelajar di sejumlah daerah di Soloraya, kali pertama mengikuti pemilu menimbulkan kebanggaan. Mereka berharap pihak yang menang bisa menghormati yang kalah.

Seorang siswa SMAN 1 Colomadu Karanganyar, Farida Lukmana, mengaku lebih mengenal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dibandingkan calon anggota legislatif (caleg). “Sebagai pemilih pemula saya hanya mengenal capres dan cawapres. Untuk anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD saya tidak tahu,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di TPS 25, Baturan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (17/4/2019).

Ia rela mengantre berjam-jam di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar demi mendapatkan KTP elektronik (KTP el). KTP el menjadi salah satu syarat untuk menyalurkan hak pilih di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu lalu. “Sebelum kemarin [Rabu], saya harus merekam data KTP el. Tak masalah harus menunggu lama karena pelayanan buka sampai sore hari,” ujar dia.

Farida bangga bisa menyalurkan hak pilih saat Pemilu 2019. Ia antusias menyambut pesta demokrasi lima tahun lantaran ini pengalaman kali pertama.

“Senang bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini. Walaupun saya tak mengenal caleg, tetapi saya bisa memilih capres dan cawapres sesuai pilihan hati,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Halfizah Utami siswa SMKN 4 Solo. Ia senang dapat berpartisipasi untuk menyalurkan hak pilih. “Lega sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu. Saya adalah bagian bangsa Indonesia karena sudah berpartisipasi dalam pemilu. Sebagai pemilih pemula dalam pemilu serentak untuk Pilpres dan pemilu legislatif, bagi saya merupakan suatu prestasi,” ujar dia.

Ia mengaku belum mengetahui siapa saja caleg dalam Pemilu 2019 tahun ini.  “Saya tak begitu tahu caleg dalam Pemilu 2019. Saya hanya mengetahui capres dan cawaspres. Semoga proses pemilu hari ini lancar, damai, dan tenang. Siapa pun yang menang harus bisa menghormati yang kalah. Yang kalah jangan merasa dikalahkan,” ujar dia.