Wow! Mahasiswa Farmasi FMIPA UNS Solo Borong Juara Olimpiade Farmasi

Istimewa Sembilan mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS Solo menyapu bersih Juara I, II, dan III dalam Olimpiade Farmasi Indonesia PHARMACITO 2019 di UMY, belum lama ini.
20 April 2019 04:00 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Tiga tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih Juara I, II, dan III dalam Olimpiade Farmasi Indonesia “PHARMACITO 2019”.

Olimpiade digelar di Universitas Muhammadiyah Yogjakarta (UMY), Kamis-Sabtu (11-13/4/2014). Perwakilan tim yang meraih Juara I, David Sarono Putro, mengatakan keberhasilan tim dari UNS dalam meraih gelar juara merupakan hasil perjuangan keras.

“Prestasi yang diraih tim kami merupakan kewajiban mahasiswa untuk menggapai segala sesuatu yang dicita-citakan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (17/4/2019).

David menilai penampilan para peserta olimpiade sangat mengesankan. ”Tim yang saya takuti dari Universitas Gadjah Mada [UGM] dan Institut Teknologi Bandung [ITB]. [Khawatir] di babak semifinal yaitu Interprofessional Education [IPE] yang dilakukan bersama dengan dokter umum, dokter gigi, dan perawat,” kata dia.

Ia sempat minder karena temanya di luar perkiraan. Bukan hal yang mudah untuk tetap bertahan dan terus melaju di setiap tahapan. Kompetitornya pun luar biasa. “Tim kami belum pernah melakukan IPE secara langsung,” ujarnya.

Hal ini senada disampaikan peserta lain, Tiara Annisa. Ia mengaku sejak awal tidak menyangka akan memborong juara dalam Olimpiade Farmasi Indonesia. “Tim Farmasi UNS mengirimkan tiga tim, Juara I diraih tim yang beranggotakan David Sarono, Agung Putu, dan Cahya Permana. Juara II diraih oleh tim yang beranggotakan saya, Dhea Aqila, dan Tita Kusuma. Juara III diraih tim yang beranggotakan Kezia Varadina, Wening Dyah, dan Febriani,” jelas dia.

Pembina Prodi Farmasi FMIPA UNS, Yeni Farida, bangga dengan prestasi yang ditorehkan delegasi dari mahasiswa Prodi Farmasi. “Saya tak menyangka Prodi Farmasi FMIPA UNS memborong semua juara. Dengan perjuangan dan iktikad baik, kami akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan. Keberhasilan ketiga tim ini tidak hanya berupa prestasi yang mengharumkan nama FMIPA UNS. Saya berharap mahasiswa lainnya termotivasi meraih prestasi melalui kompetisi yang ketat,” ujar dia.