Libur Pemilu, Pengunjung TSTJ Solo Naik 100 Persen

Pengunjung menaiki gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Selasa (1/1 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
20 April 2019 18:30 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Libur Pemilu dan libur Hari Paskah menjadi momen yang digunakan masyarakat berwisata ke objek-objek wisata di Kota Solo. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) menjadi salah satu objek wisata dengan peningkatan pengunjung signifikan sebanyak 100 persen ketimbang hari-hari biasa pada Rabu-Kamis (17-18/4/2019).

Ramainya pengunjung terlihat pada Jumat (19/4/2019) di TSTJ Solo saat Solopos.com memasuki gerbang masuk area kebun binatang tersebut. Beberapa bus tampak terpakir di lahan parkir yang disediakan oleh manajemen TSTJ. Parkiran motor juga penuh sehingga Solopos.com terpaksa memarkirkan kendaraan di depan salah satu warung di sebelah pintu keluar TSTJ.

Petugas parkir juga terlihat sibuk berjalan menghampiri beberapa bus besar yang akan keluar dari TSTJ. Sedangkan beberapa yang lain sibuk melayani kendaraan yang akan masuk untuk parkir.

Di depan loket tiket masuk beberapa orang terlihat sedang antre membeli tiket masuk. Rata-rata pengunjung adalah keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk melihat koleksi satwa di TSTJ. Beberapa bus juga membawa rombongan anak-anak kecil berseragam olahraga sekolah.

Salah satu pengunjung TSTJ, Yuliana, 40, mengatakan liburan digunakannya bersama keluarga untuk menyenangkan anaknya melihat satwa di TSTJ. Menurutnya, mengunjungi TSTJ salah satu opsi liburan murah dan dekat di Solo.

“Iya ini kan liburannya termasuk panjang. Jadi ajak keluarga sama anak-anak untuk lihat hewan-hewan di sini. Kenapa pilih di Jurug karena dekat dan murah. Anak-anak juga suka lihat hewan,” ucapnya kepada Solopos.com.

Pengunjung lainnya Maryono, 56, bersama keluarga juga memilih mengunjungi TSTJ untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga. TSTJ dipilih karena memiliki banyak koleksi hewan yang bisa menghibur anak-anak.

“Kalau cuma main di taman kan enggak ada apa-apa. Tapi kalau liburan sambil lihat hewan, anak-anak ada yang dilihat. Sekaligus biar anak tahu hewan-hewan apa yang ada di sini [TSTJ]. Sekalian liburan dan belajar soal hewan,” bebernya.

Staff Pemasaran TSTJ Solo, Tunggul Pramono Hadi, mengatakan sejak Rabu jumlah pengunjung di TSTJ terus naik dibandingkan hari-hari biasa. Menurutnya, pengunjung paling banyak adalah kunjungan sekolah dan keluarga yang menghabiskan waktu di waktu liburan. Terkait kunjungan sekolah, tingginya angka pengunjung karena momen yang berbarengan dengan musim kunjungan sekolah.

“Kalau dihitung mulai dari waktu pencoblosan memang naik secara signifikan untuk pengunjung di TSTJ. Kemarin saja sudah ada ribuan yang datang dari yang biasanya hanya sebanyak 500 pengunjung per hari. Untuk kunjungan sekolah memang ini berbarengan dengan waktu ajaran sekolah yang sudah hampir habis. Jadi musim kunjungan sekolah juga. Makanya ramai,” bebernya saat ditemui Solopos.com di ruangannya.

Dari data yang diberikan oleh Tunggul, jumlah pengunjung di TSTJ pada Rabu mencapai angka 2.503 pengunjung dan Kamis sebanyak 2.206 pengunjung. Pihak TSTJ juga memprediksi kondisi peningkatan jumlah pengunjung akan terus terjadi sampai akhir April nanti.

“Sepertinya akan terus seperti ini [jumlah pengunjung] sampai akhir April. Karena sudah banyak daftar tunggu untuk paket edukasi kami. Paket edukasi yang pesan dari Ngawi dan Grobogan juga sampai berkunjung ke sini. Kami juga sedikit kewalahan untuk paket edukasi karena memang saat ini personel terbatas. Karena beberapa sedang ikut ke Jakarta,” ujar dia.