Bayi Perempuan Ditemukan Terkubur Material Bekas Bangunan di Sumber Solo

Lokasi mayat bayi perempuan ditemukan di Jl. Pajajaran Barat I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (22/4/2019) pagi. (Solopos - Ichsan Kholif Rahman)
22 April 2019 14:35 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sesosok mayat bayi perempuan ditemukan terkubur timbunan material bekas tembok rumah di pinggir Jl. Pajajaran Barat I RT 002/RW 017, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Senin (22/4/2019) pagi.

Kini jasad bayi itu dibawa ke RSUD dr. Moewardi, Jebres, Solo, untuk proses autopsi guna memastikan penyebab kematiannya. Kanit Reskrim Polsek Banjarsari, Iptu Syarifudin, saat dijumpai wartawan di lokasi kejadian, Senin, mengatakan saat dicek mayat bayi itu dalam kondisi telanjang dan dikerumuni lalat.

Ia memperkirakan bayi berusia sekitar satu hingga tiga hari. “Jenis kelamin bayi itu perempuan dan saat ditemukan tidak ada luka fisik. Kami segera mengecek dan menyisir kawasan itu apakah ada yang hamil tua atau tidak. Kami juga mengecek ke Puskesmas dan rumah bersalin bidan-bidan apakah ada yang baru saja melahirkan,” ujarnya mewakili Kapolsek Banjarsari Kompol Demianus Palulungan.

M. Sholikin, warga Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, mengaku menemukan jenazah bayi itu sekitar pukul 08.00 WIB saat memarkirkan kendaraan di dekat lokasi penemuan bayi. Menurut buruh bangunan yang bekerja di lokasi penemuan bayi itu, awalnya ia melihat kaki mungil terjulur keluar dari timbunan material.

Ia mengaku kaget ketika melihat ternyata itu kaki bayi dan segera meminta bantuan warga lain. “Sejak Rabu [17/4/2019] seluruh buruh bangunan libur dan hari ini Senin [22/4/2019] baru kerja lagi. Saya seklias melihat jenis kelaminnya perempuan,” ujarnya.

Warga sekitar, Sri Karjono, mengatakan kawasan rumahnya cukup ramai namun tidak ada yang mengetahui soal bayi itu. Ia menduga bayi perempuan itu dikubur pada dini hari sehingga tak banyak orang tahu.