8 Parpol Bakal Duduki Kursi DPRD Sragen, Ini Datanya

Tiga orang petugas dari PPS dan PPK bahu membahu memasukan data angka secara manual dalam formulir hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Aula Kecamatan Tangen, Sragen, Minggu (21/4/2019). (Solopos - Tri Rahayu)
22 April 2019 13:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Delapan partai politik diprediksi akan mengisi kursi DPRD Sragen periode 2019-2024. Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi sementara yang dihimpun Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen.

Hingga Minggu (21/4/2019), Diskominfo Sragen sudah menghitung sekitar 68,17% dari total 3.360 tempat pemungutan suara (TPS). Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih dominan dan bahkan menambah jumlah kursi dari 11 kursi pada hasil Pemilu Legislatif 2014 menjadi 12 kursi pada 2019.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat delapan kursi atau bertambah satu kursi bila dibandingkan Pemilu Legislatif 2014. Kemudian Partai Golkar yang semula memiliki delapan kursi berkurang menjadi enam kursi.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masih bertahan dengan lima kursi. Partai Demokrat mengejutkan karena mendapat tambahan dua kursi, yakni dari tiga kursi menjadi lima kursi.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga bertambah satu kursi menjadi empat kursi. Partai Nasdem yang semula tak masuk DPRD Sragen, berdasarkan hasil sementara tersebut bakal memiliki satu wakil di DPRD Sragen.

Perolehan kursi itu masih bersifat sementara karena masih ada suara di 31,83% dari total 3.360 TPS yang belum masuk. Hasil perolehan kursi DPRD Sragen secara final tetap menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga hasil sementara tersebut belum bisa dijadikan patokan.

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (21/4/2019), optimistis jumlah kursi PDIP bertambah. Dia mengatakan peluang penambahan itu sampai empat kursi, yakni dari 11 kursi menjadi 15 kursi.

“Namun hasil akhirnya tetap dari KPU. Kami baru bisa menyampaikan penjelasan setelah hasil pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati, optimistis bisa menambah tiga kursi secara realistis, yakni di Daerah Pemilihan (Dapil) I, III, dan VI. Dari data Diskominfo tersebut, peluang kursi PDIP di Dapil VI cukup besar karena hanya selisih dua suara dengan PAN untuk mendapatkan kursi kedelapan.

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi, juga mengatakan ada penambahan kursi dari tiga kursi menjadi empat atau lima kursi. Budiono pun dari data Diskominfo tersebut tidak lolos dalam kompetisi di Dapil V yang meliputi wilayah Sambirejo, Gondang, dan Sambungmacan.

“Tidak apa-apa. Hasil akhirnya tetap dari KPU Sragen nanti,” ujarnya.

Ketua Harian DPD II Partai Golkar Sragen, Bambang Widjo Purwanto, mengakui kursi partainya akan berkurang. Ia masih optimistis bisa bertahan di angka delapan kursi dari target sembilan kursi di DPRD.

“Ya, kurang memungkinkan karena ada caleg Golkar yang meninggal dunia di Dapil I. Suaranya menjadi bancakan caleg lainnya,” katanya.

Sekretaris DPC PKB Sragen, Endro Supriyadi, memiliki harapan yang sama dengan proyeksi berdasarkan data Diskominfo tersebut, yakni adanya penambahan dari tujuh kursi menjadi delapan kursi.

“Peluang penambahan satu kursi PKB itu hanya di Dapil IV. Kami kemungkinan mendapat 25.000-an suara sehingga kursi ketiga di Dapil itu harapannya bisa diraih dari suara hasil pembagi lima. Tapi, semua itu bisa berubah karena tidak tahu hasil partai lainnya. Kami tetap menunggu hasil dari KPU,” katanya.

Pejabat Humas DPD PKS Sragen, Rudi Wahyono, mengatakan dari perhitungan yang masuk di internal PKS perolehan kursi PKS di DPRD Sragen masih aman bertahan di enam kursi. Dia mengatakan khusus di Dapil II memang tidak memiliki wakil dari sana.

“Kalau untuk Dapil V dan IV tetap bertahan masing-masing satu kursi dan dua kursi. Selisihnya di dua dapil itu 500-700 suara dengan partai lain,” ujarnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Sragen, Sri Sunaryo, mengaku masih menunggu hasil perolehan dari KPU Sragen. Dia mengaku masih mengumpulkan data C1 dan hasil rekapitulasi dari kecamatan. Sementara dari PAN dan Nasdem belum bisa dimintai tanggapan.

Perkiraan perolehan kursi sementara partai politik di DPRD Sragen

No

Partai Politik

Dapil I

Dapil II

Dapil III

Dapil IV

Dapil V

Dapil VI

Jumlah

1.

PDIP

3

2

2

1

2

2

12

2.

PKB

1

1

1

3

1

1

8

3.

Partai Golkar

1

1

0

1

2

1

6

4.

Partai Gerindra

1

1

1

0

1

1

5

5.

Partai Demokrat

2

1

1

1

0

0

5

6.

PKS

1

0

1

1

0

1

4

7.

PAN

1

1

1

0

0

1

4

8.

Partai Nasdem

0

0

0

0

0

1

1

Jumlah

10

7

7

7

6

8

45

Sumber: Rekapitulasi sementara Diskominfo Kabupaten Sragen dengan jumlah TPS yang masuk sebesar 68,17%. (trh)