Entry Data C1 ke Situng KPU Klaten Terkendala Gangguan Server

PPPS, PPK, pengawas, dan saksi melakukan penghitungan ulang dua TPS di kantor Kecamatan Klaten Utara, Minggu (21/4/2019). (Solopos - Taufiq Sidik Prakoso)
22 April 2019 12:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Proses memasukkan (entry) data dari form C1 di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten terkendala server yang mengalami gangguan.

Form C1 berisi data hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Berdasarkan data di laman pemilu2019.kpu.go.id, untuk pilpres dari 26 kecamatan di Klaten data perolehan suara masing-masing pasangan capres-cawapres yang sudah masuk yakni dari empat kecamatan dengan 132 TPS dari total 4.313 TPS hingga Minggu (21/4/2019) pukul 17.45 WIB.

Pemilu DPR, data perolehan suara yang masuk baru dari dua TPS sedangkan DPRD kabupaten/kota dari satu TPS. Anggota Divisi Teknis KPU Klaten, Samsul Huda, mengatakan proses input data ke Situng dilakukan 25 operator yang direkrut dan dipusatkan di Sekretariat KPU Klaten.

Ia menuturkan proses input data dilakukan dengan memindai C1. Proses pemindaian diperkirakan sudah mencapai 80 persen TPS. Hanya, KPU terkendala saat proses pengiriman.

“Proses pengirimannya itu lama. Sebenarnya kami sudah uji coba dan persoalan yang dialami yakni masalah klasik, server lambat. Mungkin server dari tingkat pusat,” kata Samsul saat ditemui di Sekretariat KPU Klaten, Minggu.

Ia mengatakan proses entry data sudah berlangsung sekitar tiga hari hingga Minggu. Untuk mendukung proses itu, Samsul mengatakan kecepatan akses Internet sudah ditambah dari sebelumnya hanya 10 Mbps menjadi 100 Mbps.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan penyedia layanan Internet serta PLN. Tetapi, untuk proses entry data itu yang lama. Sebenarnya ditarget dalam waktu lima hari selesai. Mudah-mudahan itu tercapai,” ungkapnya.