Nama-Nama Caleg Gerindra dan PKB Ini Melenggang ke DPRD Wonogiri

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
22 April 2019 10:00 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, mengungkapkan ada empat calon anggota legislatif (caleg) partai tersebut yang lolos ke DPRD Wonogiri.

Hal itu berdasarkan hasil penghitungan internal perolehan suara Partai Gerindra pada Pemilu 2019. Perolehan kursi ini sama dengan Pemilu 2014 lalu.

Empat caleg yang bakal lolos itu yakni Arum Subekti, Siti Hardiyani, Imron Rizkiarno, dan Suryo Suminto. Keempatnya merupakan wajah baru.

“Dapil III yang kemarin ada, sekarang malah sepertinya hilang. Semuanya wajah baru. Petahana malah enggak ada yang masuk,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (21/4/2019) malam.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Wonogiri, Sumarwoto Umar, mengatakan jika tidak ada perubahan, PKB bakal mengamankan tiga kursi. Tiga kursi itu menurut prediksi bakal diduduki Sunarno, Suparmo, dan Abdullah.

“Kami masih berharap bisa menambah satu kursi lagi. Tapi, ini masih bagian dari gelombang [PDIP]. Banyak partai kehilangan kursi seperti PPP kehilangan dua kursi, Nasdem kehilangan satu kursi, termasuk Golkar. Hasil penghitungan internal kami di Dapil III, misalnya, PDIP bisa meraih enam kursi,” terang dia.

Ketua DPD PAN Wonogiri, Sunarmin, mengaku sesuai hasil perhitungan internal bisa mengantongi tiga kursi. Jumlah itu sebetulnya turun dibandingkan perolehan pada 2014 sebanyak empat kursi.

“Lainnya masih menunggu hitungan. Perhitungannya lambat, mungkin Selasa [23/4/2019] malam bisa full,” ujar dia.

Ketua DPD II Golkar Wonogiri, Bondan S. Boma Aji, menerangkan penentuan kursi yang bakal diperoleh Golkar belum fixed. Gokar masih menunggu sinkronisasi data dengan perolehan suara partai lain.

“Masih ada C1 yang belum masuk. Kami berharap jumlahnya bisa sama minimal sama dengan 2014 yakni 10 kursi,” harap dia.

Ketua DPD PKS Wonogiri, Ngadiyono, belum bisa memberikan keterangan soal prediksi perolehan kursi di parlemen Wonogiri. Ia masih menunggu semua C1 terkumpul.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, mengatakan KPU Wonogiri belum bisa memberikan data hasil penghitungan terbaru. Belum ada instruksi dari KPU pusat soal kapan data hasil pemilu boleh dipublikasikan.

“Kalau mau lihat data terbaru bisa cek di info pemilu saja. Kalau yang ada di kami belum ada perintah dari KPU pusat kapan data ini boleh dipublikasikan,” kata Toto saat ditemui Solopos.com di kantornya, Minggu.

Perolehan Sementara Kursi DPRD Wonogiri
PDIP: 26 kursi
PKB: 3 kursi
Partai Gerindra: 4 kursi
PAN: 3 kursi
Total: 36 kursi
Sisa 14 kursi dari total 50 kursi.
Partai lain belum konfirmasi.