Nama-Nama Caleg Lolos DPRD Sragen Setiap Dapil

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
23 April 2019 08:00 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Calon anggota legislatif (caleg) petahana masih dominan di kursi DPRD Kabupaten Sragen berdasarkan penghitungan sementara perolehan suara Pemilu Legislatif 2019.

Caleg pendatang baru tidak terlalu signifikan. Calon legislator pendatang baru itu peluangnya berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, dan Partai Nasdem.

Legislator petahana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen, Fathurrohman, menyampaikan nama-nama legislator yang bakal melenggang ke DPRD Sragen berdasarkan hasil rekapitulasi C1 yang dihimpunnya, meskpun masih bersifat sementara.

Fathur yang kembali maju di daerah pemilihan (Dapil I) Sragen dipastikan duduk kembali di kursi DPRD Sragen. Dia melihat nama-nama caleg yang lolos di Dapil I selain dirinya, di antaranya Suparno, Sugiyamto, plus pendatang baru Heru Waluyo dari PDIP; Wahyu Dwi Setyaningrum dari Partai Gerindra, Pujono Elli Bayu Efendi dari Partai Golkar, Aris Surawan G. dari PKS, Purwanto dari PAN, Harmono dari Partai Demokrat, dan kursi terakhir akan diperebutkan Partai Hanura dan kursi keempat PDIP.

“Dapil II kemungkinan sudah tetap dari tujuh kursi yang ada, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, PAN, dan Demokrat. Kalau Dapil III masih dinamis di kursi ke-6 dan ke-7 yang diperebutkan Demokrat, PAN, dan Golkar. Dapil IV, PKB minimal dua kursi bertahan," jelas dia.

PKB punya peluang di kursi ke-7 yang diperebutkan PKB, Gerindra, PAN, dan mungkin PKS. Dapil V Sragen, perebutan paling panas antara Demokrat dan PKS di kursi ke-6, meskipun kursi kelima yang peluang besarnya diduduki Gerindra bisa saja digoyang.

Fathur mengatakan Dapil VI banyak kejutan dengan munculnya pendatang baru dari PKB, PDIP, dan Partai Nasdem. Kursi ke-7 dan ke-8 di dapil ini, kata dia, menjadi rebutan Gerindra, PAN, dan Demokrat.

Legislator PKS dari Dapil V, Hartanto, mengakui kursi PKS aman di Dapil V. Ia optimistis karena sudah mengantongi data C1 yang komplet dan posisi PKS berada di atas Demokrat.

Dia mengatakan Golkar masih jauh untuk mendapatkan kursi ke-2 karena selisih dengan PKS sampai 500 suara. “Kami dasarnya dari C1 yang dihimpun PKS,” ujarnya.

Pejabat Humas PKS, Rudi Wahyono, juga masih optimitis bertahan dengan enam kursi. Dia mengatakan dua kursi di Dapil IV masih bisa dipertahankan, yakni untuk Wawan dan Hariyanto.

“Dapil VI dari C1 PKS, delapan kursi akan diduduki Sugiyarto dan Wulan dari PDIP, Thohar Ahmadi dari Golkar, Tawa dari PKB, Pak Anggoro dari PKS, Tono dari Nasdem, Hagung dari Gerindra, dan terakhir Sunardi dari PAN,” ujarnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi, mengatakan belum bisa komentar dan memilih bersabar untuk menunggu hasil dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen.

Caleg PDIP asal Masaran, Sugiyamto, optimistis PDIP bisa mendapat empat kursi di Dapil I karena PDIP aman dengan suara 35.700 suara sementara partai lain tidak ada yang sampai 15.000 suara.

“Hanya Dapil I yang naik khusus di PDIP. Kursi PDIP di Dapil I, yakni saya, Suparno, Heru, dan Kamto. Dari partai lain ada Aris (PKS), Harmono (Demokrat), Bayu (Golkar), Purwanto (PAN), Fathurrohman (PKB), dan Wahyu (Gerindra). Itu tak mungkin berubah,” katanya.

Sementara struktural Partai Golkar Sragen enggan mengangkat teleponnya saat dihubungi Solopos.com, Senin siang dan sore. Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Sragen, Joko Supriyanto, yakin Gerindra tetap bertahan satu kursi di Dapil V yang dikenal dengan dapil neraka itu. Untuk kursi Gerindra di dapil lain, Joko menunggu hasil dari KPU.

Proyeksi Nama Caleg yang Melenggang ke DPRD Sragen
Dapil I Sragen (10 kursi)
1. Sugiyamto (PDIP)
2. Suparnon (PDIP)
3. Heru Waluyo (PDIP)
4. Aris Surawan (PKS)
5. Harmono (Partai Demokrat)
6. Fathurrohman (PKB)
7. Wahyu Setyaningrum (Partai Gerindra)
8. Pujono Elli Bayu Efendi (Partai Golkar)
9. Purwanto (PAN)
10. Hanura/kursi ke-4 PDIP

Dapil II Sragen (7 kursi)
1. Sutimin (PDIP)
2. Rizka Ayu Yadi Putri (PDIP)
3. Suroto (PKB)
4. Inggus Subaryoto (Partai Demokrat)
5. Teri Handoko (Partai Golkar)
6. Jumari (Partai Gerindra)
7. Suparno (PAN)

Dapil III Sragen (7 Kursi)
1. Joko Setiawan (PDIP)
2. Sigit Pramono/Warli (PDIP)
3. Jumardi (Partai Gerindra)
4. Amin (PKS)
5. Endro Supriyadi/Hariyanto (PKB)
6. Demokrat/PAN/Golkar
7. Demokrat/PAN/Golkar

Dapil IV Sragen (7 kursi)
1. Muslim (PKB)
2. Aldilah Kalsum (PKB)
3. Wawan Yudi Ernanto (PKS)
4. Sri Pambudi (Partai Golkar)
5. Eko Muji Suharto (PDIP)
6. Mualim (Partai Demokrat)
7. PKB/Gerindra/PAN/PKS

Dapil V Sragen (6 kursi)
1. Bambang Semakto (PDIP)
2. Suyanto (PDIP)
3. Bambang Widjo Purwanto (Partai Golkar)
4. Bombong Lukito Samudro (PKB)
5. Joko Supriyanto (Partai Gerindra)
6. PKS/Demokrat

Dapil VI Sragen (8 kursi)
1. Sugiyarto (PDIP)
2. Wulan Purnamasari (PDIP)
3. Thohar Ahmadi (Partai Golkar)
4. Muh. Bahrul Mustawa (PKB)
5. Anggoro Sutrisno (PKS)
6. Tono (Partai Nasdem)
7. Demokrat/Gerindra/PAN
8. Demokrat/Gerindra/PAN

Proyeksi komposisi kursi di DPRD Sragen
1. PDIP: 12 kursi
2. PKB: 7 kursi
3. Partai Golkar: 5 kursi
4. PKS: 4 kursi
5. Partai Gerindra: 4 kursi
6. Partai Demokrat: 3 kursi
7. PAN: 2 kursi
8. Partai Nasdem: 1 kursi
Total: 38 kursi
Jumlah sisa kursi di DPRD Sragen masih ada tujuh dari total 45 kursi. Sisa tujuh kursi akan diperebutkan partai politik di enam dapil.

Sumber: Wawancara fungsionaris PKB Sragen yang diolah dari data C1 sementara. (trh)