19 Caleg PDIP Lolos ke DPRD Klaten, Ini Nama-Namanya

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
26 April 2019 19:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 19 calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi lolos ke DPRD Klaten pada Pemilu 2019 ini.

Perolehan kursi PDIP di DPRD Klaten pada pemilu kali ini bertambah dua kursi dibandingkan 2014 lalu. Sebanyak 12 caleg petahana diprediksi kembali menduduki kursi parlemen bersama tujuh pendatang baru.

Prediksi perolehan kursi PDIP tersebut berdasarkan hasil penghitungan internal dan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Di Dapil I, PDIP diprediksi mendapatkan empat kursi dengan dua di antaranya diisi caleg petahana.

Di Dapil II, PDIP diprediksi mendapatkan tiga kursi dan semuanya diraih caleg petahana. Dapil III, PDIP diprediksi mendapatkan tiga kursi dengan satu kursi diraih petahana.

Dapil IV, PDIP diprediksi mendapatkan tiga kursi dengan dua kursi untuk caleg petahana. Sementara Dapil V, PDIP diprediksi mendapatkan enam kursi dengan empat kursi untuk caleg petahana.

Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Klaten, Sutarjo, mengatakan prediksi perolehan kursi PDIP Klaten meningkat dua kursi dibanding 2014 yang mendapatkan 17 kursi dari total kuota anggota DPRD Klaten sebanyak 50 kursi.

“Karena sudah menjadi fakta, bagi kami pencapaian ini cukup memuaskan dengan kondisi pertarungan sangat liberal kami masih bisa menambah kursi DPRD Klaten,” kata Sutarjo saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (26/4/2019).

Sutarjo mengatakan di Dapil I, PDIP menambah satu kursi, dapil II tambah satu kursi, dan dapil V tambah satu kursi, dapil IV berkurang satu kursi. “Hasil dari Pemilu kali ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi kami. Tentunya, para caleg kami sudah bertarung dengan sebaik mungkin,” tutur dia.

Salah satu caleg PDIP di Dapil Klaten V, Edy Sasongko, mengatakan dari hasil penghitungan internal, PDIP mendapatkan enam kursi dari kuota 12 kursi di Dapil V yang meliputi Bayat, Cawas, Karangdowo, Pedan, dan Trucuk.

Keenam caleg PDIP yang diprediksi menjadi wakil rakyat dari dapil tersebut yakni Hartanti, Edy Sasongko, Mulyatminah, Hamenang Wajar Ismoyo, dan Fakhrudin.

Berikut nama-nama caleg PDIP yang diprediksi lolos ke DPRD Klaten:

Dapil I

Dapil II

Dapil III

Dapil IV

Dapil V

Agus Riyanto *

Aris Widiharto *

Sriyanto*

Andy Purnomo*

Hartanti*

Widada Gendut *

Eko Prasetyo*

Joko Siswanto

Didit Raditya Ganis Ari Wardono*

Edy Sasongko*

Diah Eva Subadra

Gigit Sugito*

Much. Hasyim

Sutarna

Mulyatminah*

Arry Shinta Wati

Hamenang Wajar Ismoyo*

Sri Murni

Fakhrudin Ali Ahmad

*petahana

sumber: wawancara